Usai Laksanakan Haji dan Umrah, Ini yang Biasa Dilakukan Jamaah Indonesia

okezone | Muslim | Published at 22/07/2021 14:33
Usai Laksanakan Haji dan Umrah, Ini yang Biasa Dilakukan Jamaah Indonesia

JAMAAH haji baru saja melewati puncak ibadah. Berbagai aktivitas pun biasa mereka lakukan usai melaksanakan ibadah haji atau umrah. Kebiasaan ini tidak pernah ketinggalan setiap tahunnya, bahkan ditunggu-tunggu oleh keluarga atau kerabatnya.

Misalnya jamaah asal Indonesia, mereka tidak pernah ketinggalan membeli oleh-oleh asal Makkah dan Madinah. Di antaranya kurma, air zamzam, sajadah, tasbih, jilbab, hingga cokelat.

 

Perlengkapan ibadah serta makanan dan minuman tersebut akan dibeli oleh jamaah haji atau umrah untuk keluarga, kerabat, atau teman-temannya di Tanah Air. Hal ini dikarenakan berharap akan ada keberkahan di dalamnya.

Ilustrasi aktivitas jamaah haji dan umrah usai beribadah di Tanah Suci. (Foto: Widi Agustian/Okezone)

Salah satunya Dedeh, wanita asal Jawa Barat. Ia tidak pernah ketinggalan membeli oleh-oleh untuk keluarganya, termasuk bagi cucu-cucunya, misalnya membeli mukena.

"Biasanya beli mukena untuk cucu saya," kata Dedeh saat dihubungi MNC Portal , Kamis (22/7/2021).

 

Selain itu, sebagian ada yang memilih pergi berwisata setelah ibadah haji dan umrah. Salah satu negara yang diminati setelah dari Makkah adalah Turki.

Turki menjadi salah satu negara dengan mayoritas penduduk muslim. Banyak sejarah Islam yang ada di negara satu ini. Misalnya Hagia Sophia, masjid terbesar dan memiliki arsitektur menarik serta klasik.

Artikel Asli