Foto Ustadz Yusuf Mansur Dirawat di RSPAD, Terbaring Mengenakan Baju Pasien

okezone | Muslim | Published at 22/07/2021 08:49
Foto Ustadz Yusuf Mansur Dirawat di RSPAD, Terbaring Mengenakan Baju Pasien

USTAZ Yusuf Mansur (UMY) masih terbaring dalam perawatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. UMY menjalani perawatan dikarenakan kadar Hemoglobin (Hb) nya rendah hingga mencapai kadar 5.

Dalam dua foto yang dibagikan UMY di akuninstagramnya@yusufmansurnew terlihat selang infus menempel pada tangan bagian kirinya. Sementara masker berwarna hitam masih tetap dikenakan.

Sementara pada foto lainnya, UMY terbaring di ranjang kamar perawatan RSPAD. Dalam masa perawatan UMY mengenakan baju pasien berwarna ungu. Belum diketahui di ruang mana UMY di rawat di RSPAD.

Hemoglobin atau Hb adalah protein yang berada di dalam sel darah merah . Protein inilah yang membuat darah berwarna merah. Dalam kadar yang normal, hemoglobin memiliki banyak fungsi bagi tubuh. Oleh karena itu, kadar normal hemoglobin perlu selalu dijaga.

Selain memberi warna, hemoglobin juga berfungsi membantu sel darah merah mendapatkan bentuk alaminya, yaitu bulat dengan bagian tengahnya lebih pipih. Dengan bentuk seperti ini, sel darah merah dapat dengan mudah bergerak dan mengalir di dalam pembuluh darah.

Jika jumlah atau bentuk hemoglobin mengalami kelainan, sel darah merah tidak dapat berfungsi dengan baik dalam mengangkut oksigen dan karbon dioksida. Hal inilah yang dapat memicu terjadinya berbagai masalah kesehatan, termasuk anemia.

Nilai normal kadar hemoglobin di dalam tubuh seseorang ditentukan berdasarkan jenis kelamin dan usianya. Kadar hemoglobin normal pada wanita dewasa berkisar antara 1215 g/dL, sedangkan kadar hemoglobin pada pria dewasa berkisar antara 1317 g/dL.

Ketika kondisi hemoglobin seseorang lebih tinggi atau lebih rendah daripada jumlah normal, hal ini bisa menjadi tanda adanya gangguan kesehatan.

Sementara dalam keadaan terbaring UMY selain memberikan informasi kondisi terkininya di RSPAD juga menuliskan doa melalui instagramnya@yusufmansurnew. Adapun penggalan doanya yakni:

Artikel Asli