Doa Sapu Jagad Dibaca Saat Hari Tasyrik, Terkumpul di Dalamnya Seluruh Kebaikan

okezone | Muslim | Published at 22/07/2021 09:09
Doa Sapu Jagad Dibaca Saat Hari Tasyrik, Terkumpul di Dalamnya Seluruh Kebaikan

DOA sapu jagad dianjurkan dibacakan pada Hari Tasyrik 11, 12, 13 Dzulhijjah. Dan pada Kamis, 22 Juli 2021 masih Hari Tasyrik yang terakhir (13 Dzulhijjah). Ada amalan yang dianjukan untuk dilakukan, salah satunya ada membaca doa sapu jagad.

Allah Taala berfirman,

,

Apabila kamu telah menyelesaikan ibadah hajimu, maka berzikirlah (dengan menyebut) Allah, sebagaimana kamu menyebut-nyebut (membangga-banggakan) nenek moyangmu, atau (bahkan) berzikirlah lebih banyak dari itu. Maka di antara manusia ada orang yang berdoa: Ya Tuhan kami, berilah kami (kebaikan) di dunia, dan tiadalah baginya bahagian (yang menyenangkan) di akhirat. Dan di antara mereka ada orang yang berdoa: Robbana aatina fid dunya hasanah wa fil akhiroti hasanah wa qina adzaban naar [Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka]. (QS. Al Baqarah: 200-201)

Dari ayat ini kebanyakan ulama salaf menganjurkan membaca doa Robbana aatina fid dunya hasanah wa fil akhiroti hasanah wa qina adzaban naar di hari-hari tasyriq. Sebagaimana hal ini dikatakan oleh Ikrimah dan Atho.

Doa sapu jagad ini terkumpul di dalamnya seluruh kebaikan. Nabi shallallahu alaihi wa sallam paling sering membaca doa sapu jagad ini. Anas bin Malik mengatakan,

Doa yang paling banyak dibaca oleh Nabi shallallahu alaihi wa sallam Allahumma Robbana aatina fid dunya hasanah wa fil akhiroti hasanah wa qina adzaban naar [Wahai Allah, Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka].[8]

Di dalam doa telah terkumpul kebaikan di dunia dan akhirat.

Al Hasan Al Bashri mengatakan, Kebaikan di dunia adalah ilmu dan ibadah. Kebaikan di akhirat adalah surga. Sufyan Ats Tsauri mengatakan, Kebaikan di dunia adalah ilmu dan rizki yang thoyib. Sedangkan kebaikan di akhirat adalah surga.

Artikel Asli