Jamaah Haji Mulai Lontar Jumrah di Mina

okezone | Muslim | Published at 20/07/2021 15:16
Jamaah Haji Mulai Lontar Jumrah di Mina

JAMAAH haji setelah bermalam atau mabit di Muzdalifah , di sana mereka juga mengumpulkan batu kerikil untuk lempar jumrah di Mina. Lempar jumrah dilakukan pada Hari Raya Idul Adha, 10 Dzulhijjah 1442 H atau bertepatan dengan Selasa, 20 Juli 2021.

Wakil Menteri Haji dan Umrah Abdul Fattah Mashat mengatakan, para jemaah bergerak dari Muzdalifah kembali ke Mina pada Selasa dini hari waktu setempat.

Bus-bus ini membawa mereka ke kamp di Mina, dari situ mereka akan bergerak ke jamarat. Di sana, mereka akan menggunakan tiga lantai jamarat untuk melakukan jumrah. Kami telah membagi para jemaah menjadi beberapa kelompok berdasarkan kode warna. Setiap kelompok akan melempar (batu) ke lantai yang telah ditentukan dan dari tempat tertentu untuk menghindari penumpukan," kata Mashat, dikutip dari Arab News .

Mashat juga memuji para jemaah karena mematuhi peraturan dan mengikuti instruksi untuk selalu mengenakan masker serta menjaga jarak sosial. Pemerintah Saudi juga bersyukur selama prosesi haji tahun ini tidak ada jemaah yang terpapar Covid-19.

Menteri Kesehatan Saudi Tawfiq Al Rabiah mengatakan kepada stasiun televisi Al Ekhbariya ada beberapa kasus jemaah kelelahan, namun bisa segera diatasi oleh tim kesehatan. Ada beberapa kasus kelelahan ringan karena aktivitas fisik, tapi para jemaah dengan kasus sederhana seperti itu bisa meninggalkan rumah sakit tak lama setelah mereka mendapat perawatan, kata Rabiah.

Artikel Asli