Seperti Indonesia, Negara Muslim Ini Juga Tak Gelar Sholat Idul Adha di Masjid dan Lapangan

okezone | Muslim | Published at 20/07/2021 06:30
Seperti Indonesia, Negara Muslim Ini Juga Tak Gelar Sholat Idul Adha di Masjid dan Lapangan

ABU DHABI - Sholat Idul Adha 1442 H berjamaah di masjid atau di lapangan terbuka di zona merah Covid-19 di Indonesia ditiadakan dan diganti Sholat Idul Adha di rumah masing-masing. Selain itu larangan juga terkait penerapan PPKM Darurat, Namun ternyata bukan Indonesia saja yang melakukan hal itu. Beberapa negara Muslim lainnya pun mengambil sikap yang sama.

Setidaknya ada empat negara Arab yang juga mengambil langkah yang yang sama. Melansir Anadolu Agency pada Senin (19/7/2021), pihak berwenang di Maroko, Oman, dan Tunisia,Mauritania, menyatakan Sholat Idul Adha berjamaah tidak akan diadakan sebagai tindakan pencegahan untuk membendung penyebaran Covid-19.

Sementara itu, Mesir, Arab Saudi, Kuwait, Qatar, Uni Emirat Arab (UEA) dan Yordania akan menggelar shalat Idul Adha berjamaah dengan tindakan pencegahan, termasuk membatasi waktu salat dan mengadakan khutbah di halaman terbuka.

Shalat Idul Adha berjamaah juga akan diadakan di Aljazair, Palestina, Libya dan Djibouti, sementara Bahrain mengatakan akan mengizinkan sholat di dalam satu masjid dengan jumlah jamaah terbatas.

Suriah, Somalia, Sudan, Libanon, Yaman dan Komoro belum mengumumkan keputusan mereka untuk apakah akan mengizinkan Shalat Idul Adha berjamaah atau tidak.

Menurut Universitas Johns Hopkins, sejak Desember 2019, pandemi telah merenggut lebih dari 4,08 juta jiwa di 192 negara dan wilayah, dengan lebih dari 190,18 juta kasus dilaporkan.

Artikel Asli