Hewan Kurban Disembelih di RPH Selama PPKM Darurat, Ini 5 Kelebihannya

okezone | Muslim | Published at 13/07/2021 14:05
Hewan Kurban Disembelih di RPH Selama PPKM Darurat, Ini 5 Kelebihannya

HARI raya Idul Adha 1442 Hijriah yang diperkirakan jatuh pada Selasa 20 Juli 2021 masih bertepatan dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat alias PPKM Darurat. Sehingga, pemerintah pun mengimbah masyarakat agar menyerahkan penyembelihan hewan kurban di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) dan meniadakan sementara tradisi arak-arakan.

Hal ini sesuai Surat Edaran Kemenag RI Nomor 17 Tahun 2021 tentang Peniadaan Sementara Peribadatan di Tempat Ibadah, Malam Takbiran, Sholat Idul Adha, dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kurban Tahun 1442H.

Memanfaatkan RPH untuk menyembelih hewan kurban ternyata memiliki banyak kelebihan. Keunggulan atau manfaat ini mungkin tidak bisa didapatkan jika penyembelihan ditangani sendiri.

Apa saja kelebihan menyembelih hewan kurban di RPH? Berikut lima di antaranya, seperti telah MNC Portal rangkum.

Info grafis hewan kurban. (Foto: Okezone)

1. Setiap RPH memiliki SOP

Dikutip dari kanal YouTube Sapibagus TV, RPH sebagai perusahaan yang bergerak di bidang pemotongan hewan tentunya sudah memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam memotong hewan. Alat-alat yang digunakannya lebih lengkap dibanding memotong sendiri dengan pisau yang terbatas.

2. Lebih profesional

Para petugas di RPH sudah terbiasa melakukan pemotongan hewan setiap harinya sehingga lebih terlatih dalam merobohkan sapi tanpa membutuhkan waktu lama.

3. Hemat tenaga dan waktu

Dibanding memotong di rumah, masyarakat tidak perlu membuang-buang tenaga untuk menguliti sapi dan memisahkan bagian antara daging dengan jerohan. Selain itu, bayangkan berapa lama waktu yang bisa dilalui untuk melakukan hal itu.

Artikel Asli