Ini Fakta-Fakta Munculnya Virus Corona Menurut Doktor Zakir Naik

okezone | Muslim | Published at 13/07/2021 11:21
Ini Fakta-Fakta Munculnya Virus Corona Menurut Doktor Zakir Naik

DOKTOR Zakir Naik membahas fakta-fakta terkait munculnya virus corona hingga bermutasi menjadi covid-19. Dai, dokter, sekaligus pakar ilmu perbandingan agama asal India ini mengatakan virus corona pertama kali ditemukan sekira tahun 1930. Kala itu corona terdeteksi pada hewan ayam yang menyebabkan infeksi pernapasannya.

Kemudian pada 1940, lanjut Doktor Zakir Naik, virus corona juga ditemukan pada hewan tikus. Sementara pada manusia terdeteksi sekira tahun 1960, kemudian mulai dibahas publik umum pada 1968.

Doktor Zakir Naik mengatakan virus corona memiliki sekira 20 jenis atau spesies. Tapi, kebanyakan jenis tersebut tidak menyerang manusia.

"Dari 20 spesies, hanya 8 yang menyerang manusia. (Ada) 3 di antaranya yang bisa menyerang secara parah," ungkap Dr Zakir Naik, seperti dikutip dari video di kanal YouTube-nya berjudul 'Dr Zakir Naik on Corona Virus', Selasa (13/7/2021).

Ilustrasi pandemi covid-19. (Foto: Shutterstock)

Ia memaparkan, jenis pertama dari virus corona yang berbahaya itu adalah SARS CoV atau Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus yang menginfeksi saluran pernapasan. Badan Kesehatan Dunia (WHO) pun mengumumkan virus ini sebagai pandemi pada 2003.

Jenis kedua yakni Middle East Respiratory Syndrome atau MERS CoV. Virus ini mulai menyebar sekira 2012 dan terdeteksi di 24 negara.

Kemudian jenis ketiga adalah SARS CoV-2 atau Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 atau kini lebih dikenal Covid-19.

"Covid-19 pertama kali terdeteksi pada Oktober hingga November 2019. Kemudian diumumkan oleh WHO pada Desember 2019," jelasnya.

Artikel Asli