Ustaz Dokter Zaidul Akbar: Ini Alasan Puasa Ampuh Melawan Covid

sindonews | Muslim | Published at 28/06/2021 14:28
Ustaz Dokter Zaidul Akbar: Ini Alasan Puasa Ampuh Melawan Covid

Dai Penggagas Jurus Sehat Rasulullah (JRS) Ustaz Dokter Zaidul Akbar mengajak umat muslim untuk menghidupkan puasa karena dapat menjadi perisai dalam melawan wabah Covid-19. Berikut penjelasan Ustaz Zaidul Akbar dikutip dari akun Instagramnya @zaidulakbar.

"Saat ini kita tahu bahwa sebagian daerah berjibaku menghadapi gelombang ke sekian kalinya wabah virus ini dan kita berdoa kepada Allah agar Allah segera akhiri wabah ini," kata Ustaz Zaidul Akbar.

Puasa merupakan salah satu bentuk perintah dari Allah yang dicontohkan Rasulullah SAW. Ada puasa wajib dan ada puasa sunnah. Secara penelitian pun sudah banyak membuktikan bahwa puasa terbukti meningkatkan Imunitas tubuh manusia. Sehingga dengan adanya lonjakan virus ini, puasa dapat dijadikan sebagai ikhtiar.

Apalagi saat ini kita memasuki bulan mulia ini merupakan momentum untuk kita memperbanyak puasa sunnah (Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram).

Berpuasa bukan hanya untuk meningkatkan imunitas, tapi mendapat keutamaan dimana amal ibadah dlipatgandakan oleh Allah. Jadi yang bisa berpuasa, puasalah sebanyak banyaknya di bulan ini (niatkan untuk Allah).

Bagaimana cara puasanya? Bolehkah puasa setiap hari? Boleh, tapi jangan sebulan penuh puasanya, intinya jangan sama seperti puasa Ramadhan.

Membayangkan jika puasa ini menjadi program bersama di keluarga kita, selain dapat pahala, imunitas sekeluarga dijaga oleh Allah. semoga Allah mudahkan kita berpuasa sunnah di bulan mulia ini.

"Penyebab iman menjadi lemah itu karena terlalu banyak makan dan terlalu banyak bicara (tak bermanfaat), semoga Allah melindungi iman kita dari kedua hal tersebut," kata Ustaz Zaidul Akbar.

Selain puasa, Ustaz Zaidul Akbar juga memberikan tips sehat yang dapat meningkatkan imun tubuh. Beliau menyarankan agar kita rajin mengonsumsi lima herbal berikut secara terus menerus. Kelima herbal yang dimaksud yaitu Jahe, Temulawak, Kencur, Kunyit, Sereh.

Perpaduan 5 bahan ini sangat baik dalam memberi efek penguatan imunitas tubuh kita sehari- hari. Apabila ini kita minum, insya Allah dapat membentengi diri kita dari wabah Covid-19.

Artikel Asli