Apakah Boleh Patungan Hewan Kurban Kambing atau Domba?

okezone | Muslim | Published at 28/06/2021 13:06
Apakah Boleh Patungan Hewan Kurban Kambing atau Domba?

SEMANGAT perayaan Idul Adha selain mengajarkan tentang arti berbagi melalui pembagian daging hewan kurban yang disembelih, juga menjadi momentum untuk memperkuat solidaritas dan gotong royong.

Salah satu perwujudan dari adanya semangat gotong royong tersebut adalah praktik membeli hewan kurban secara patungan atau kongsi yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

Selain untuk menjalin ukhuwah Islamiyah atau tali persaudaraan antara sesama Muslim, praktik ini juga menjadi sarana bagi mereka yang ingin ikut serta berkurban namun terkendala dana yang terbatas.

Sebagian besar orang mungkin sudah mengetahui dan mengenal sistem kongsi untuk kurban sapi, namun bagaimana jika sistem yang sama diterapkan untuk kambing atau domba? Bagaimana syariat memandang hal tersebut?

Seperti dikutip dari laman NU.or.id , adapun syariat telah menetapkan standar maksimal jumlah kapasitas mudlahhi (orang yang berkurban) untuk per 1 ekor hewan kurban yaitu unta dan sapi untuk 7 orang, sementara kambing hanya sah untuk kurban 1 orang.

Lalu apabila melampaui batas ketentuan tersebut, hewan yang disembelih tidak sah menjadi kurban. Misalnya, patungan sapi untuk 8 orang atau kambing untuk 2 orang. Adapun ketentuan syariat ini berlandaskan pada hadis:

- - : - -

Artinya: "Dari jabir, beliau berkata kami keluar bersama Rasulullah seraya berihram haji, lalu beliau memerintahkan kami untuk berserikat di dalam unta dan sapi, setiap 7 orang dari kami berserikat dalam 1 ekor unta." (HR Muslim)

Artikel Asli