Hari Jumat Saat Agama Islam Disempurnakan Allah Ta`ala

Muslim | okezone | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 06:00
Hari Jumat Saat Agama Islam Disempurnakan Allah Ta`ala

JAKARTA - Hari Jumat adalah walinya para hari. Pada hari Jumat juga agama Islam disempurnahkan Allah Ta'ala. Hari Jumat juga disebut-sebut sebagai waktu terjadinya kiamat .

Lebih dari itu Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin juga menyebut ada 2 peristiwa besar lainnya terjadi pada hari Jumat.xc2xa0

Berikut ini empat peristiwa yang terjadi pada hari Jumat, dan bagi muslim harus mengetahuinya:

1. Diciptakannya Nabi Adam Alahi Salam

Nabi Adam adalah manusia pertama yang diciptakan Allag di bumi. Rasullullah Shalallahu alaihi wassalam bersabda : "Hari terbaik terbitnya matahari adalah hari Jumat, hari penciptaan nabi Adam, hari masuk dan keluar surga nabi Adam, dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali hari Jumat." (HR. Muslim)

Kemudian dalam riwayat hadist lainnya juga menyebutkan:

xe2x80x9cPada hari itu (hari Jumat) bapak kalian semua (Nabi Adam as) masuk surga. Dan pada hari itu ia keluar dari surga.xe2x80x9d (HR. Imam At thabrani).

2. Seluruh mahluk diciptakan, langit, bumi, surga dan neraka menjadi sempurna

Imam Ibnu kasir dalam tafsirnya menjelaskan bahwa xe2x80x9cdan pada hari itulah semua mahluk menjadi sempurna yaitu hari ke enam dimana Allah menciptakan langit dan bumi didalamnya. Hari ke enam adalah hari Jumat, karena kalender islam memulai menghitung hari dari hari Minggu, bukan dari hari Senin seperti kalender masehi."

Selain itu dalam riwayat hadist juga disebutkan, Rasullullah Shalallahu alaihi wassalam bersabda:xc2xa0

"Dalam tujuh hari, ada satu hari yang Allah memilihnya dari hari-hari keseluruhanya. Pada hari Jumat Allah menciptakan langit dan bumi, dihari itu juga Allah menyelesaikan ciptaanya, dan dihari itu juga Allah menciptakan surga dan neraka." (HR. Abu Syaikh)

'
Artikel Asli