Loading...
Loading…
Kemenag Ingatkan Kembali Pesan Bung Karno soal Perjuangan Palestina

Kemenag Ingatkan Kembali Pesan Bung Karno soal Perjuangan Palestina

Muslim | okezone | Rabu, 19 Mei 2021 - 06:00

JAKARTA - Konflik kemanusiaan dan kekerasan dari agresi Israel ke Palestina masih berlangsung. Dalam beberapa hari terakhir, pasukan zionis Israel menggempur wilayah Gaza secara brutal.\xc2\xa0

Sekretaris Ditjen Bimas Islam, M. Fuad Nasar menegaskan bahwa posisi Indonesia tetap tidak berubah, yakni berada mendukung perjuangan bangsa Palestina untuk dapat merdeka dari cengkeraman zionis Israel.

"Indonesia sebagai negara dengan umat Islam terbesar di dunia tetap mendukung dan membantu perjuangan rakyat Palestina," kata Fuad dalam keterangan tertulis diterima Okezone \xc2\xa0pada Rabu (19/5/2021).

Menyikapi banyaknya sejumlah pihak yang menggalang dana untuk membantu perjuangan rakyat Palestina, menurut Fuad hal tersebut merupakan bentuk nyata dari ukhuwah Islamiyah. Dimana umat Islam menunjukkan solidaritas mereka terhadap penderitaan saudaranya.

"Motivasi agama memiliki peran esensial dalam menggalang dan memelihara solidaritas umat Islam dalam mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina. Membela orang atau bangsa yang tertindas dan terzalimi di muka bumi adalah perintah ajaran Islam," imbuhnya.

Konflik Palestina yang tidak menentu, lanjut Fuad, merupakan masalah kemanusiaan universal karena menyentuh hati nurani umat manusia yang secara kodratnya cinta damai dan anti kekerasan.

"Indonesia dan Palestina adalah dua sahabat. Bung Karno bahkan pernah menegaskan, selama kemerdekaan bangsa Palestina belum diserahkan kepada orang-orang Palestina, maka selama itulah bangsa Indonesia berdiri menentang penjajahan Israel," tutupnya.

\'

Original Source