Toleransi Muslim di India, Jadikan Masjid Tempat Fasilitas Darurat Covid-19

Muslim | okezone | Published at Kamis, 22 April 2021 - 07:45
Toleransi Muslim di India, Jadikan Masjid Tempat Fasilitas Darurat Covid-19

NEW DELHI - xc2xa0 Umat Muslim di India tak mau berpangku tangan begitu saja terhadap musibah Covid-19 . Masjid di negara itu mereka siapkan sebagai lokasi fasilitas darurat Covid-19.

Kasus Covid-19 di India memang semakin mengkhawatirkan. Begitu tingginya orang yang terkena virus Covid-19, membuat fasilitas kesehatan mencapai puncak beban, rumah sakit kehabisan tempat tidur dan persediaan oksigen nyaris habis. Oleh karena itu bantuan sekecil apa pun sangat dibutuhkan.

Sebuah masjid di Jahangirpura, Kota Vadodara, Negara Bagian Gujarat, diubah menjadi fasilitas kesehatan darurat, mampu menampung hingga 50 tempat tidur. Inisiatif dari pengurus masjid mendapat sambutan hangat warga India, hingga viral di media sosial.

Dalam foto-foto yang dibagikan kantor berita Asian News International (ANI) di Twitter, terlihat bagian dalam masjid yang seharusnya digunakan untuk salat berjamaah diubah layaknya rumah sakit. Unggahan itu dibanjiri ratusan komentar dan disukai oleh lebih dari 6.700 pengguna Twitter. Menurut pengurus masjid, kekurangan fasilitas rumah sakit menggerakkan hati mereka menyediakan tempat merawat pasien.

xe2x80x9cKarena kekurangan tempat tidur dan oksigen, kami memutuskan mengubah masjid ini menjadi fasilitas Covid-19 yang bisa menampung sekitar 50 tempat tidur. Tidak ada waktu yang lebih baik untuk melakukan ini selain di bulan Ramadan,xe2x80x9d kata Irfan Sheikh, seorang pengurus masjid, kepada kantor berita ANI, dikutip Kamis (22/4/2021).

Para pasien penderita Covid merasa tertolong oleh bantuan masjid, begitupun masyarakat sekitar yang merasa tidak keberatan rumah ibadah mereka dialihfungsikan.

Rumah sakit umum di Gujarat saat ini sudah kelebihan beban, sehingga pasien antre untuk bisa mendapatkan perawatan, termasuk penderita Covid. (Djairan)

'

Artikel Asli