Sunah Berbuka Puasa yang Dianjurkan Rasulullah, Pundi Pahala pun Semakin Mengalir

Muslim | okezone | Published at Kamis, 22 April 2021 - 04:30
Sunah Berbuka Puasa yang Dianjurkan Rasulullah, Pundi Pahala pun Semakin Mengalir

JAKARTA - Ketika bulan Ramadhan tiba, kumandang adzan Maghrib menjadi salah satu waktu yang paling ditunggu-tunggu. Setelah menahan lapar dan haus, umat Islam dianjurkan untuk menyegerakan waktu berbuka puasa tepat ketika adzan Maghrib dikumandangkan.

Dalam hal ini, Rasulullah shallahu xe2x80x98alaihi wasallam mempunyai anjuran-anjuran kepada para umat muslim ketika hendak berbuka puasa. Seperti untuk menyegerakan berbuka, membaca doa berbuka puasa hingga anjuran untuk tidak berlebihan saat menyantap hidangan berbuka puasa.

Berikut rangkuman mengenai anjuran serta amalan sunnah Rasulullah shallahu xe2x80x98alaihi wasallam ketika berbuka puasa.

Menyegerakan untuk Berbuka

Salah satu hadits yang diriwayatkan oleh Sahl bin Saxe2x80x99ad, bahwa Nabi Muhammad bersabda, xe2x80x9cOrang akan selalu baik (sehat) jika ia menyegerakan berbuka.xe2x80x9d (H.R.Bukhari no. 1957 dan Muslim no. 1098).

Selain anjuran dalam agama, menyegerakan berbuka puasa juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Pasalnya, Dr. Johanes Casay Candrawinata, MND, SpGK, spesialis gizi dari Melinda Hospital, Bandung, berkata bahwa menunda buka puasa akan menimbulkan beberapa masalah kesehatan bagi tubuh.

Membaca Doa Berbuka Puasa

Selanjutnya, amalan sunnah lainnya yang Rasulullah anjurkan ialah membaca doa berbuka puasa. Berikut adalah hadits yang menjelaskan tentang doa berbuka puasa, Dari Muxe2x80x99adz bin Zuhrah, sesungguhnya telah sampai riwayat kepadanya bahwa sesungguhnya jika Nabi shallallahu xe2x80x98alaihi wa sallam berbuka puasa, beliau membaca (doa), xe2x80x98Allahumma laka shumtu wa xe2x80x98ala rizqika afthortu-edxe2x80x99 (ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa dan dengan rezeki-Mu aku berbuka)."

Selain doa di atas, ada juga doa lain yang dapat digunakan sebelum membatalkan puasa. Dikutip dari buku Tuntunan Puasa Menurut Al-Quran dan Sunah oleh Alik al Adhim (2019:2), berikut ini adalah doa buka puasa sesuai sunnah yang dapat diamalkan:

xe2x80x9cDzahabaz zhamau wabtallatil uruqu wa tsabatal ajru, insyaallahxe2x80x9d

Yang artinya: Rasa haus telah hilang dan urat-urat telah basah dan pahala telah ditetapkan, Insya Allah.

'
Artikel Asli