Puasa tapi Tidak Sholat Bagaimana Islam Memandangnya?

Muslim | okezone | Published at Senin, 05 April 2021 - 07:00
Puasa tapi Tidak Sholat Bagaimana Islam Memandangnya?

JAKARTA - Puasa tapi tidak sholat? Masih banyak kaum Muslimin yang menganggap antara puasa dan sholat adalah ibadah yang terpisah, atau ibadah tersendiri.

Sehingga muncul pikiran jika tidak sholat maka tidak akan mempengaruhi nilai ibadah puasa. Padahal anggapan keliru dan salah besar.

Ustaz Muhammad Abduh Tuasikal menjelaskan, padahal jika sholat ditinggalkan maka dapat mempengaruhi puasa. Bahkan puasa tersebut bisa rusak jika seseorang meremehkan perkara sholat. Simak dalam beberapa fatwa ulama berikut ini.

Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin xe2x80x93rahimahullahxe2x80x93 pernah ditanya : Apa hukum orang yang berpuasa namun meninggalkan shalat?

Beliau rahimahullah menjawab, “Puasa yang dilakukan oleh orang yang meninggalkan shalat tidaklah diterima karena orang yang meninggalkan shalat adalah kafir dan murtad. Dalil bahwa meninggalkan shalat termasuk bentuk kekafiran adalah firman Allah Ta’ala,xc2xa0

xd9x81xd9x8exd8xa5xd9x90xd9x86xd9x92 xd8xaaxd9x8exd8xa7xd8xa8xd9x8fxd9x88xd8xa7 xd9x88xd9x8exd8xa3xd9x8exd9x82xd9x8exd8xa7xd9x85xd9x8fxd9x88xd8xa7 xd8xa7xd9x84xd8xb5xd9x91xd9x8exd9x84xd9x8exd8xa7xd8xa9xd9x8e xd9x88xd9x8exd8xa2xd9x8exd8xaaxd9x8exd9x88xd9x8fxd8xa7 xd8xa7xd9x84xd8xb2xd9x91xd9x8exd9x83xd9x8exd8xa7xd8xa9xd9x8e xd9x81xd9x8exd8xa5xd9x90xd8xaexd9x92xd9x88xd9x8exd8xa7xd9x86xd9x8fxd9x83xd9x8fxd9x85xd9x92 xd9x81xd9x90xd9x8a xd8xa7xd9x84xd8xafxd9x91xd9x90xd9x8axd9x86xd9x90 xd9x88xd9x8exd9x86xd9x8fxd9x81xd9x8exd8xb5xd9x91xd9x90xd9x84xd9x8f xd8xa7xd9x84xd9x92xd8xa2xd9x8exd9x8axd9x8exd8xa7xd8xaaxd9x90 xd9x84xd9x90xd9x82xd9x8exd9x88xd9x92xd9x85xd9x8d xd9x8axd9x8exd8xb9xd9x92xd9x84xd9x8exd9x85xd9x8fxd9x88xd9x86xd9x8e

”Jika mereka bertaubat, mendirikan sholat dan menunaikan zakat, maka (mereka itu) adalah saudara-saudaramu seagama. Dan Kami menjelaskan ayat-ayat itu bagi kaum yang mengetahui.” (QS. At Taubah [9] : 11)

Dikutip dari laman Rumasyo pada Senin (5/4/2021) disbutkan alasan lain adalah sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,xc2xa0

xd8xa8xd9x8exd9x8axd9x92xd9x86xd9x8e xd8xa7xd9x84xd8xb1xd9x91xd9x8exd8xacxd9x8fxd9x84xd9x90 xd9x88xd9x8exd8xa8xd9x8exd9x8axd9x92xd9x86xd9x8e xd8xa7xd9x84xd8xb4xd9x91xd9x90xd8xb1xd9x92xd9x83xd9x90 xd9x88xd9x8exd8xa7xd9x84xd9x92xd9x83xd9x8fxd9x81xd9x92xd8xb1xd9x90 xd8xaaxd9x8exd8xb1xd9x92xd9x83xd9x8f xd8xa7xd9x84xd8xb5xd9x91xd9x8exd9x84xd8xa7xd9x8exd8xa9xd9x90

“Pembatas antara seorang muslim dengan kesyirikan dan kekafiran adalah meninggalkan sholat.” (HR. Muslim no. 82)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda,xc2xa0

xd8xa7xd9x84xd9x92xd8xb9xd9x8exd9x87xd9x92xd8xafxd9x8f xd8xa7xd9x84xd9x91xd9x8exd8xb0xd9x90xd9x89 xd8xa8xd9x8exd9x8axd9x92xd9x86xd9x8exd9x86xd9x8exd8xa7 xd9x88xd9x8exd8xa8xd9x8exd9x8axd9x92xd9x86xd9x8exd9x87xd9x8fxd9x85xd9x8f xd8xa7xd9x84xd8xb5xd9x91xd9x8exd9x84xd8xa7xd9x8exd8xa9xd9x8f xd9x81xd9x8exd9x85xd9x8exd9x86xd9x92 xd8xaaxd9x8exd8xb1xd9x8exd9x83xd9x8exd9x87xd9x8exd8xa7 xd9x81xd9x8exd9x82xd9x8exd8xafxd9x92 xd9x83xd9x8exd9x81xd9x8exd8xb1xd9x8e

“Perjanjian antara kami dan mereka (orang kafir) adalah mengenai shalat. Barangsiapa meninggalkannya maka dia telah kafir.” (HR. Ahmad, At Tirmidzi, An Nasa’i, Ibnu Majah. Dikatakan shahih oleh Syaikh Al Albani)

Pendapat yang mengatakan bahwa meninggalkan shalat merupakan suatu kekafiran adalah pendapat mayoritas sahabat Nabi bahkan dapat dikatakan pendapat tersebut adalah ijma’ (kesepakatan) para sahabat.

‘Abdullah bin Syaqiq xe2x80x93rahimahullahxe2x80x93 (seorang tabi’in yang sudah masyhur) mengatakan, “Para sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidaklah pernah menganggap suatu amalan yang apabila seseorang meninggalkannya akan menyebabkan dia kafir selain perkara shalat.” [Perkataan ini diriwayatkan oleh At Tirmidzi dari ‘Abdullah bin Syaqiq Al ‘Aqliy ,seorang tabi’in. Hakim mengatakan bahwa hadits ini bersambung dengan menyebut Abu Hurairah di dalamnya. Dan sanad (periwayat) hadits ini adalah shohih. Lihat Ats Tsamar Al Mustathob fi Fiqhis Sunnah wal Kitab, hal. 52, -pen]

Oleh karena itu, apabila seseorang berpuasa namun dia meninggalkan shalat, puasa yang dia lakukan tidaklah sah (tidak diterima). Amalan puasa yang dia lakukan tidaklah bermanfaat pada hari kiamat nanti.

Oleh sebab itu, kami katakan, “Sholatlah kemudian tunaikanlah puasa”. Adapun jika engkau puasa namun tidak sholat, amalan puasamu akan tertolak karena orang kafir (karena sebab meninggalkan sholat) tidak diterima ibadah dari dirinya.[Sumber: Majmu’ Fatawa wa Rosa-il Ibnu ‘Utsaimin, 17/62, Asy Syamilah]

Artikel Asli