Jusuf Kalla Ingatkan Ceramah Ramadhan Materinya Tak Diulang-ulang

Muslim | okezone | Published at Senin, 05 April 2021 - 06:35
Jusuf Kalla Ingatkan Ceramah Ramadhan Materinya Tak Diulang-ulang

JAKARTA - Para pengurus masjid diminta membuat program, terutama terkait ceramah di bulan Ramadhan untuk mengantisipasi konten ceramah yang disampaikan secara berulang-ulang, tidak variatif.

"Pengurus masjid harus punya program sehingga konten ceramah tidak berulang, terutama pada bulan Ramadan. Ceramah itu bisa berisi materi akidah, ibadah, dan muamalah," ungkap Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK) saat menjadi nara sumber dalam Mudzakarah Pembina Rohani Islam dan Pengelola Masjid Kementerian/Lembaga, belum lama ini.

JK juga berharap pengurus masjid memasukkan konten yang aplikatif bagi masyarakat. "Masjid yang baik, pengurusnya tahu cara membuat program/tema ceramah. Sampaikan bagaimana cara berdagang yang baik, bertani yang baik, jual beli yang baik. Itu yang membawa kita kepada persatuan," tegasnya dikutip dari laman bimasislam kemenag.

Di sisi lain JK juga menyebut banyaknya masjid di Indonesia, harus disyukuri. Salah satu caranya adalah dengan memakmurkan masjid itu sendiri.

Menurut JK, ada tiga komponen yang harus diperhatikan dalam memakmurkan masjid. Yaitu, orang yang mendirikan, yang mengurus, dan jamaah.

Ketiga komponen ini, kata JK, harus diperhatikan demi mendapatkan hasil yang maksimal. Jika hanya memperhatikan salah satu aspek, hasilnya akan tidak sesuai dengan harapan.

"Pendiri masjid ini mendapatkan jaminan dari Allah berupa rumah di surga. Para pengurus harus membuat program yang bagus. Kemudian, jemaahnya, kalau masjid bagus tapi tidak ada jemaah maka tidak makmur juga," tambahnya.

Artikel Asli