Akulaku Finance dan BAZNAS RI Bersinergi Salurkan Hewan Kurban ke Pelosok Indonesia

Akulaku Finance dan BAZNAS RI Bersinergi Salurkan Hewan Kurban ke Pelosok Indonesia

Terkini | mnctrijaya | Jum'at, 21 Juni 2024 - 12:33
share

JAKARTA -Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI menjalin kerjasama dengan PT Akulaku Finance Indonesia dalam rangka menyalurkan hewan kurban ke berbagai pelosok daerah di Indonesia. Kerjasama ini bertujuan untuk memastikan bahwa masyarakat di daerah terpencil juga dapat merasakan berkah kurban pada Hari Raya Idul Adha tahun ini.

BAZNAS RI telah menerima dana penyaluran hewan kurban dari PT Akulaku Finance Indonesia senilai Rp 58.500.000 yang terdiri dari 5 ekor kambing, 1 ekor sapi dan 250 paket daging sapi olahan siap saji.

Penyaluran dana hewan kurban tersebut dilakukan secara simbolis di Gedung BAZNAS RI, Jakarta pada Kamis (20/6/2024). Pada acara tersebut turut hadir turut hadir Kol (Purn) Drs. Nur Chamdani selaku Pimpinan BAZNAS RI Bidang SDM, Keuangan dan Umum, Argo Sayoto selaku Kepala Divisi Pengumpulan Zakat BAZNAS RI, Efrinal Sinaga selaku Presiden Direktur PT Akulaku Finance Indonesia dan Esther Rahayu Andarti selaku Manager Public Relations PT Akulaku Finance Indonesia.

Dalam sambutannya, Pimpinan BAZNAS RI Bidang SDM, Keuangan dan Umum, Kol (Purn) Drs. Nur Chamdani, menyambut baik atas inisiatif PT Akulaku Finance Indonesia dalam kegiatan ini.

"Terima kasih kepada PT Akulaku Finance Indonesia, kami terima, bersyukur, insyaallah setiap bulu, setiap tetes darah, dan semuanya yang ada pada sapi dan kambing yang dikurbankan, yang dikumpulkan oleh PT Akulaku Finance Indonesia ini semuanya bernilai spritual dan keberkahan yang luar biasa," katanya.

Chamdani menambahkan bahwa daging kurban yang diberikan oleh PT Akulaku Finance Indonesia ini menjadi bagian dari program Kurban Berkah BAZNAS 1445 H, dimana tahun ini BAZNAS memiliki target kurban sebanyak 7000 ekor setara domba/kambing yang mana akan disalurkan dalam bentuk berbagai macam seperti daging sapi/domba segar ataupun daging sapi olahan yang dikalengkan atau dikemas dalam bentuk pouch yang akan didistribusikan ke 34 provinsi di seluruh Indonesia.

"Untuk program Kurban Berkah BAZNAS ini memang kita memiliki beberapa skema, dimulai dari pengadaan ternaknya, kita berikan hewan kurban yang terbaik termasuk melibatkan peternak-peternak binaan BAZNAS di seluruh Indonesia, kemudian tentu daging-daging kurban itu ada yang diserahkan langsung kepada penerima manfaat dan supaya pemanfaatannya lebih besar dan luas, ada juga yang kita kalengkan, yang disalurkan ke daerah-daerah tertentu, daerah 3T, daerah bencana, termasuk ke luar negeri, yaitu untuk saudara-saudara kita di Palestina," terangnya.

"Jadi kurban ini disamping hablumminallah, kita melaksanakan kewajiban, menjalankan perintah Allah bagi yang mampu, dan yang belum mampu pun bisa sedekah daging ya, kemudian juga ada efek sosial yang luar biasa, kaitannya dengan kesehatan dan gizi masyarakat. Nah disitu bahwa masyarakat yang sehat adalah modal utama Indonesia menjadi kuat, jadi sekaligus, ada Aman syar'i, Aman regulasi, dan Aman NKRI," imbuhnya.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Akulaku Finance Indonesia, Efrinal Sinaga, menyebutkan penyerahan hewan kurban ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial PT Akulaku Finance Indonesia terhadap masyarakat dan konsumen setia Akulaku.

"Alhamdulillah, ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial kami, sosial responsibility terhadap masyarakat, karena yang telah banyak berkiprah juga untuk Akulaku, dan Akulaku juga walaupun dalam usia yang relatif masih muda tapi kita berharap kontribusi kita terhadap masyarakat itu juga bisa berperan dengan baik," ucapnya.

Efrinal menambahkan alasan pihaknya memilih berkolaborasi dengan BAZNAS RI karena merupakan lembaga resmi dan terpercaya dalam mengelola dan menyalurkan bantuan untuk masyarakat yang membutuhkan.

"Ini bukan pertama kali PT Akulaku Finance Indonesia berkolaborasi bersama BAZNAS RI, tetapi ini adalah program yang terus berkelanjutan dari perusahaan kami. BAZNAS RI merupakan lembaga yang sangat terpercaya untuk melaksanakan amanah ini, kami juga berharap nanti mudah-mudahan BAZNAS RI ini bagi kami adalah seperti agregator yang mempertemukan mustahik dengan muzaki," pungkasnya.

Melalui kerjasama ini, PT Akulaku Finance Indonesia dan BAZNAS RI berharap dapat memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di daerah terpencil, serta mempererat tali persaudaraan antar masyarakat di Indonesia.

Topik Menarik