KPK Periksa Eks Bupati Tabanan dan Sepupunya

Kriminal | jawapos | Published at Minggu, 14 November 2021 - 14:50
KPK Periksa Eks Bupati Tabanan dan Sepupunya

Dugaan Korupsi Pengurusan Dana Insentif Daerah

JawaPos.com Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mendalami penyidikan dugaan korupsi terkait pengurusan dana insentif daerah (DID) di Kabupaten Tabanan, Bali. Sepekan terakhir, dilakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi. Mulai mantan Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti hingga sepupunya, I Dewa Ayu Rai Widyastuti.

Plt Juru Bicara KPK Ipi Maryati Kuding mengatakan, eks bupati Tabanan diperiksa pada Kamis (11/11) di Gedung Merah Putih KPK. Sementara itu, Widyastuti diperiksa pada Jumat (12/11). Dalam perkara tersebut, Widyastuti diperiksa karena kapasitasnya sebagai Kabag Perencanaan dan Strategis Bank BPD Bali.

Ipi menjelaskan, keluarga mantan bupati itu dikonfirmasi mengenai barang bukti yang disita tim penyidik. Barang bukti tersebut diperoleh dari hasil penggeledahan belum lama ini. Tim penyidik menggeledah rumah dari pihak yang terkait dengan perkara ini (dugaan korupsi pengurusan DID, Red), terangnya kemarin (13/11).

Berdasar pantauan Jawa Pos, pemeriksaan eks bupati dan sepupunya berlangsung hingga malam. Saat dikonfirmasi terkait pemeriksaan itu, Widyastuti enggan bicara banyak. Dia memilih menghindari wartawan yang menunggunya di lobi depan gedung KPK.

Dalam perkara itu, KPK dikabarkan telah menetapkan eks bupati Tabanan sebagai tersangka. Namun, hingga berita ini diturunkan, KPK belum mengonfirmasi status hukum tersebut. Ipi hanya mengatakan bahwa perkara yang sedang ditangani itu berkaitan dengan pengurusan DID Kabupaten Tabanan tahun 2018.

Artikel Asli