Namanya Dicatut Soal Hoax Megawati Wafat, Politikus PDIP Lapor Polisi

jawapos | Kriminal | Published at 15/09/2021 08:55
Namanya Dicatut Soal Hoax Megawati Wafat, Politikus PDIP Lapor Polisi

JawaPos.com Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Henry Yosodiningrat membuat laporan polisi ke Polda Metro Jaya usai terjadinya penyebaran berita bohong atau hoax wafatnya Presiden RI kelima Megawati Soekarnoputri. Adapun terlapor dalam kasus ini yaitu pemilik akun Youtube, Mahakarya Cendana dan akun TikTok Jatim070881.

Laporan polisi dibuat karena akun tersebut dianggap telah menyebarkan hoax berupa video rekayasa yang mencatut nama Henry. Dalam video itu, Henry mengaku dirinya dicatut seolah-olah mengucapkan bela sungkawa dan membenarkan kabar soal wafatnya Megawati.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus membenarkan pihaknya telah menerima laporan polisi dari Henry. Laporan tersebut saat ini tengah diteliti oleh penyidik.

Sekarang laporan sudah terima di Krimsus Polda Metro Jaya nanti kami akan teliti, kata Yusri kepada wartawan, Rabu (15/9).

Setelah berkas perkara diteliti, penyidik akan memanggil Henry untuk dimintai keterangan. Setelah itu, penyidik akan menentukan langkah hukum selanjutnya.

Untuk kami rencanakan undang klarifikasi pelapor dengan bawa bukti-bukti yang ada karena laporan baru kemarin sore, jelas Yusri.

Sebelumnya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menjawab mengenai isu terkait dirinya dikabarkan sakit dan mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP). Hal itu lantaran Megawati memberikan pengarahan terkait kegiatan sekolah partai pendidikan untuk kader madya.

Sebelumnya, pada Kamis (9/9) kemarin awak media dihebohkan dengan kabar Megawati Soekarnoputri sakit. Kabar ini pertama kali dihembuskan di media sosial Twitter.

Semua telpon saya, dan saya langsung memberikan penjelasan ke pers kerena begitu banyak yang bertanya, apa betul Megawati saki dan dirawat, kata Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto.

Artikel Asli