Kebakaran Tewaskan 45 Orang, Besok Kalapas Tangerang Diperiksa

jawapos | Kriminal | Published at 13/09/2021 12:33
Kebakaran Tewaskan 45 Orang, Besok Kalapas Tangerang Diperiksa

JawaPos.com Polda Metro Jaya mulai menjadwalkan pemeriksaan kepada sejumlah saksi dalam kasus kebakaran Lapas Kelas I Tangerang, Banten. Pemeriksaan kali ini untuk melengkapi berkas perkara penyidikan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengkonfirmasi salah satu saksi yang akan diperiksa yakni Kalapas Kelas 1 Tangerang Victor Teguh Prihartono. Dia rencananya akan diperiksa esok hari.

Hari ini jadwal untuk Kalapas Kelas 1 Tangerang belum ada, kata Yusri di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (13/9).

Kita sudah mengirim surat untuk Kalapas itu, kita rencanakan besok jam 10.00 WIB untuk kita lakukan pemeriksaan terhadap Kalapas klas 1 Tangerang, imbuhnya.

Untuk hari ini, panggilan pemeriksaan dilayangkan kepada 20 orang. Terdiri dari 14 pegawai Lapas yang bertugas saat kebakaran terjadi, 3 petugas PLN, dan 3 petugas Pemadam Kebakaran (Damkar).

Sebelumnya, Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya resmi menaikan kasus kebakaran Lapas Kelas I Tangerang, Banten ke tahap penyidikan dari penyelidikan. Penyidik menemukan adanya dugaan tindak pidana dalam kebakaran ini.

Semalam gelar perkara oleh penyidik dan pagi tadi dari penyelidikan ditingkatkan menjadi penyidikan. Ada dugaan pidana di sini, kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus di Rumah Sakit Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (10/9).

Yusri menjelaskan, kebakaran Lapas ini diduga memenuhi unsur Pasal 187 dan 188 KUHP dan atau Pasal 359 KUHP. Diduga telah terjadi kelalaian yang membuat terjadinya kebakaran hebat.

Kebakaran melanda Lapas Kelas I Tangerang pada Rabu (8/9) dini hari sekitar pukul 01.30 WIB. Sejauh ini korban tewas berjumlah 45 orang, dan puluhan lainnya luka-luka. Para korban luka dibawa ke RSUD Kabupaten Tangerang, Rumah Sakit Sitanala dan Poliklinik Lapas Tangerang.

Artikel Asli