4 Simpatisan Ditahan Polisi, 40 Anggota KKB Ngamuk Bawa Belasan Senpi

Kriminal | jawapos | Published at Rabu, 01 September 2021 - 16:38
4 Simpatisan Ditahan Polisi, 40 Anggota KKB Ngamuk Bawa Belasan Senpi

JawaPos.com Sekitar 40 anggota teroris kelompok kriminal bersenjata (KKB) disebut tengah bersiap menyerang Mapolres Yahukimo, Papua. Hal itu setelah empat anggota dan simpatisan KKB ditangkap Tim Satgas Nemangkawi.

Empat orang tersebut adalah Etius Baye, Yem Baye, Herson Heluka dan Yaluk Heluka. Untuk mengantisipasi serangan KKB, 300 personel gabungan Satgas Nemangkawi dan anggota Polres Yahukimo sudah disiagakan.

Ratusan personel disiagakan di Mapolres Yahukimo mengantisipasi adanya penyerangan setelah empat simpatisan KKB ditahan, ungkap Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Papua Kombes Faisal Ramadhani seperti dikutip Cendrawasih Pos (Jawa Pos Group) , Rabu (1/9).
.
Faisal menyebut, puluhan anggota KKB itu diduga menargetkan serangan ke Mapolres Yahukimo. Mereka adalah kelompok Senap Sol, Temianus Magayang, dan Tenius alias Tendius Gwijangge. Jika anggota ketiga kelompok itu digabungkan, maka akan terdapat sekitar 40 orang.

Dari pemeriksaan salah seorang tersangka, terungkap tiga kelompok itu memiliki belasan pucuk senjata api, bebernya.

Pria yang juga Kepala Satgas Penegakan Hukum Nemangkawi itu menambahkan, KKB menjadikan Mapolres Yahukimo sebagai target serangan agar pemeriksaan empat tersangka terhenti. Pemeriksaan keempat tersangka tersebut sangat vital, lantaran akan mengungkap lokasi persembunyian dan strategi KKB di Yahukimo selama ini.

Faisal mengatakan, sebelumnya tim Satgas Penegakan Hukum Nemangkawi bersama jajaran Polres setempat menangkap oknum kepala distrik dan tiga orang di Deikai, Kabupaten Yahukimo, Sabtu (28/8).

Berdasarkan pemeriksaan, Etius Baye adalah sosok yang mengundang Tenius Gwijangge untuk bergabung dalam KKB Yahukimo. Pejabat setingkat camat itu juga menyiapkan semua keperluan KKB di Dekai.

Sementara Yaluk Heluka diduga kuat terlibat pembunuhan empat pekerja bangunan di Kampung Bingky, Distrik Seradala pada 29 Juni lalu. Sedangkan Yem Baye yang tidak lain keponakan Etius bertugas menyediakan logistik bagi KKB.

Terakhir, Herson Heluka berperan sebagai sopir kendaraan yang mengangkut dan mengantarkan anggota KKB serta berbagai logistiknya. Empat tersangka masih menjalani pemeriksaan di Polres Yahukimo, anggota masih mendalami keempatnya, kata Faisal.

Artikel Asli