Bongkar Sindikat Pencuri Motor, sudah Beraksi dengan Senpi 100 Kali

Kriminal | jawapos | Published at Rabu, 01 September 2021 - 10:29
Bongkar Sindikat Pencuri Motor, sudah Beraksi dengan Senpi 100 Kali

JawaPos.com Subdit Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya menangkap sindikat pencuri sepeda motor. Sebanyak 36 tersangka ditangkap. kelompok ini tak segan-segan menggunakan senjata api saat beraksi.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, sindikat ini terbagi menjadi 7 kelompok. Satu di antaranya merupakan penyuplai senjata api.

Ada tujuh kelompok. Setiap beraksi mereka selalu menggunakan senjata api. Bahkan terakhir, ada satu korban yang ditembak pelaku di bagian pahanya, kata Yusri kepada wartawan, Rabu (1/9).

Berdasarkan hasil penyelidikan, sindikat ini biasa beraksi di wilayah Tangerang dan Jakarta. Kepada petugas mereka mengaku sudah beraksi lebih dari 100 kali. Mereka ini ada yang merupakan residivis kasus serupa, imbuh Yusri.

Adapun barang bukti yang diamankan dalam kasus ini yakni 11 sepeda motor, satu mobil, kunci T, serta beberapa pucuk senjata api rakitan. Petugas juga tengah menburu penadah barang curian sindikat ini.

Dua penadah besar, mereka pernah bersatu tapi pecah dan jalan masing-masing dengan modus yang sama. Pemetiknya (pencuri sepeda motor) mereka ini menggunakan senjata api, pungkas Yusri.

Atas perbuatannya, para tersangka dijerat dengan Pasal 363 KUHP dan Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1925 terkait kepemilikan senjata api. Mereka terancam hukuman pidana maksimal 20 tahun penjara. (*)

Artikel Asli