Loading...
Loading…
3 Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan, Perhatikan Pola Makanan

3 Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan, Perhatikan Pola Makanan

Kesehatan | inewsid | Kamis, 07 November 2019 - 04:43

JAKARTA, iNews.id - Beberapa wilayah di Indonesia saat ini telah memasuki musim hujan. Setelah terik panas akibat gerak semu matahari di siang hari, beberapa wilayah termasuk di Jakarta biasanya diguyur hujan deres dari sore hingga malam.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi musim hujan ke depan akan lebih basah dibandingkan sebelumnya. Bagaimana menjaga kesehatan di musim peralihan cuaca ini, terutama memasuki musim hujan.

Dirangkum dari Cnet , Kamis (7/11/2019), berikut beberapa tips menjaga kesehatan di musim hujan:

1. Tidur cukup

Memiliki kualitas tidur yang baik, sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Termasuk bagi sistem kekebalan tubuh Anda, yang menjadi garis pertahanan pertama Anda di musim hujan.

"Tidur penting untuk sistem kekebalan tubuh karena tubuh Anda mulai mengatur dirinya sendiri ketika tidur. Itu tidak akan terjadi jika Anda tidak mendapatkan tidur yang baik," ujar Dr Jaclyn Tolentino, dokter di Parsley Health Los Angeles, AS.

2. Konsumsi makanan sehat

Selanjutnya adalah makanan. Penting untuk mengonsumsi makanan tepat yang dapat membantu menopang tubuh Anda dan mencegah terserang flu atau penyakit lain.

Baca Juga :
4 Cara Jaga Stamina di Musim Hujan, Enggak Sulit Kok

Hal itu karena sistem kekebalan juga terletak di dalam usus, sehingga itu sebabnya mengapa makanan sehat sangat baik untuk mengoptimalkan nutrisi. "Tetap terhidrasi dan makan makanan sehat, makanan utuh. Makan sayur-sayuran dan cobalah menghindari hal-hal seperti alkohol dan gula olahan," kata Dr Jaclyn.

Nutrisi penting yang direkomendasikan adalah makanan-makanan yang mengandung banyak vitamin C, asam lemak omega-3 dan vitamin E.

3. Mengelola stres dengan baik

Kita semua tahu stres dapat memicu berbagai penyakit. Apalagi saat memasuki musim hujan, di mana sistem kekebalan tubuh berisiko lebih rentan terhadap penyakit.

Jadi, penting untuk mengelola stres dengan cara yang sehat selama memasuki musim hujan atau musim rentan sakit.

Beberapa hal yang dapat membantu untuk mengelola stres, di antaranya berolahraga dan rileksasi menggunakan sauna atau spa. Hal tersebut dapat membantu meningkatkan sirkulasi dan membantu Anda berkeringat yang dapat mendukung tubuh Anda menghindari penyakit di musim hujan.

Original Source

Topik Menarik