Loading...
Loading…
Penelitian Baru Ungkap Generasi Z Lebih Boros untuk Perawatan Kecantikan

Penelitian Baru Ungkap Generasi Z Lebih Boros untuk Perawatan Kecantikan

Kesehatan | inewsid | Selasa, 21 Januari 2020 - 19:29

JAKARTA, iNews.id - Sebuah survei baru menunjukkan generasi muda semakin aware dengan penampilan, terutama untuk perawatan kecantikan. Sebesar 45,4 persen perempuan di Indonesia menggunakan skincare sebelum berusia 19 tahun.

Metode survei tersebut melibatkan 6.460 responden perempuan di Indonesia sepanjang Juli hingga September 2019. Survei yang diterbitkan Zap Beauty Index 2020 tersebut, melihat bagaimana pandangan perempuan dari lintas generasi yakni gen X (45-65), gen Y (23-44), dan gen Z (13-22) dalam memandang tren kecantikan.

Hasilnya, generasi Z rupanya lebih boros menghabiskan uangnya untuk kecantikan seperti make-up dan skincare. Hal tersebut dipaparkan Yosanova Savitry, Chief Operation MarkPlus Institute yang terlibat dalam survei tersebut.

"Generasi Z itu yang paling besar (pengeluarannya untuk make-up dan skincare). Hampir seluruh pengeluarannya itu untuk kecantikan, entah beli make-up dan skincare, atau ke klinik kecantikan," kata Yosanova Savitry saat ditemui di acara peluncuran Zap Beauty Index 2020, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (21/1/2020).

Sementara itu, sambung dia, generasi Y lebih bijak dalam mengeluarkan uang untuk kecantikan, yakni hanya 30 persen pengeluaran. Bahkan uniknya, generasi yang sebelumnya yakni generasi X hanya mengeluarkan kurang dari 5 persen pengeluaran untuk kecantikan.

Tak hanya itu, dia juga mengungkapkan bahwa sekarang ini, perempuan berusia 13 tahun saja sudah concern ke masalah kulit dengan menggunakan produk kecantikan untuk anti-aging.

"Kemungkinannya karena pengaruh (tren kecantikan) Korea, yang jadi nomor satu sebagai kiblat kecantikan. Sekarang bahkan usia 19 tahun sudah mulai ke klinik kecantikan. Kalau dulu, udah kerja baru ke klinik kecantikan dan (pakai) skincare dari usia 13 tahun," kata dia.

Salah satu make-up yang paling banyak dibeli perempuan Indonesia berdasarkan survei tersebut adalah lipstik. Kemudian produk skincare yang tengah hits di kalangan perempuan Indonesia, terutama generasi Z adalah sheet mask.

Original Source