Sering Makan Telur Takut Kolesterol Tinggi, Ini Penjelasan Ahli

Sering Makan Telur Takut Kolesterol Tinggi, Ini Penjelasan Ahli

Kesehatan | jawapos | Senin, 5 September 2022 - 09:49
share

JawaPos.com Telur adalah makanan yang kaya nutrisi sebagai sumber protein. Telur juga kaya akan vitamin dan mineral. Akan tetapi anggapan yang beredar, kuning telur dapat meningkatkan kolesterol dan khawatir jika dikonsumsi rutin. Benarkah demikian? Mitos atau fakta?

Cara terbaik untuk mengonsumsi telur tergantung masing-masing kesukaan setiap orang. Telur adalah sumber vitamin A dan D yang dibutuhkan untuk membuat tulang lebih kuat. Telut juga mengandung mineral seperti zat besi yang dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah.

Ahli Gizi dan CEO Nutracy Lifestyle dr Rohini Patil, MBBS, mengatakan telur meningkatkan energi dan kekebalan. Telur juga memiliki Lipoprotein berdensitas tinggi yang menyediakan kolesterol baik dan membantu meningkatkan kesehatan jantung kita.

Ia membagikan 5 manfaat kesehatan luar biasa dari mengonsumsi telur setiap hari. Tak perlu takut kolesterol.

Telur Meningkatkan Kolesterol Baik

Telur membantu meningkatkan kadar kolesterol baik. Kolesterol baik HDL naik pada orang yang mengonsumsi jumlah telur yang tepat. Telur juga membantu menjaga kesehatan mata.

Semakin tua kita, semakin baik kita perlu merawat mata kita. Kuning telur yang ada dalam telur mengandung sejumlah besar lutein dan antioksidan bermanfaat yang membantu mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula di mata. Telur adalah sumber vitamin A yang baik, yang baik untuk kesehatan mata, katanya seperti dilansir dari The Healthsite , Senin (5/9).

Telur mengandung kandungan protein tinggi yang dikenal dapat mengurangi nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang dibandingkan dengan makanan yang mengandung lebih sedikit protein. Tingkat kekenyangan telur yang tinggi menyebabkan perasaan puas yang lebih besar, lebih sedikit rasa lapar dan keinginan yang rendah untuk makan di kemudian hari. Telur juga meningkatkan aktivitas metabolisme.

Sumber Nutrisi Terbaik

Telur mengandung omega-3, asam lemak tak jenuh ganda dan mengandung lemak esensial yang memainkan peran penting dalam cara kerja membran sel. Karena tubuh Anda sendiri memproduksi Omega 3 dalam jumlah terbatas, ada baiknya untuk mengonsumsinya melalui makanan lain.

Omega 3 baik untuk penurunan kognitif, demensia, dan menjaga kesehatan mental dan kesejahteraan, jelasnya.

Telur juga mengandung kolin. Kolin adalah nutrisi yang dibutuhkan oleh semua orang untuk fungsi otak dan untuk pembentukan membran sel. Kolin juga diperlukan selama menyusui dan kehamilan ketika pasokan kolin yang tepat penting untuk perkembangan otak.

Efek telur berbeda dari satu orang ke orang lain, yang terbaik adalah mengonsumsinya dalam jumlah sedang atau jangan berlebihan. Selama Anda menjaga makanan, diet, dan semuanya seimbang, tidak ada yang perlu dikhawatirkan soal kolesterol.