Loading...
Loading…
Kenali Bahaya Bakteri Legionella yang Tengah Merebak di Argentina

Kenali Bahaya Bakteri Legionella yang Tengah Merebak di Argentina

Kesehatan | jawapos | Minggu, 04 September 2022 - 12:01

JawaPos.com Para peneliti akhirnya menemukan jawaban atas penyakit misterius yang memicu sesak napas dan radang paru (pneumonia) di Argentina. Pemeriksaan pada pasien, mereka dinyatakan terkena penyakit Legionnaires dari bakteri Legionella pneumophila.

Sedikitnya dilaporkan 4 kematian di antara 11 orang yang terinfeksi. Gejala mereka sesak napas.

Seberapa bahaya bakteri ini?

Dilansir dari NBC News , Minggu (4/9), bakteri Legionella menyebabkan pneumonia atipikal yang sangat serius dengan demam dan infeksi paru-paru akut. Bakteri ini biasanya ditemukan di lingkungan air tawar, seperti danau dan sungai. Sumber umum infeksi adalah dari air mancur dan sistem air di gedung-gedung besar, rumah sakit atau hotel.

Indikasi pertama dari potensi asal wabah tiba ketika surat kabar lokal La Gaceta de Tucumn melaporkan bahwa sampel yang diambil dari pasien positif untuk Legionella. Bakteri itu penyebab penyakit Legionnaires.

Artikel tersebut mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya di lembaga penelitian ANLIS-Malbrn yang bergengsi di Buenos Aires. Laboratorium yang dikelola negara, tempat sampel dikirim, belum membuat pernyataan resmi.

Para pejabat telah mencoba untuk menentukan penyakit yang membuat 11 orang sakit terkait dengan sebuah klinik swasta di kota San Miguel de Tucumn, sekitar 670 mil sebelah utara Buenos Aires. Kecurigaannya adalah wabah Legionella.

Data masih awal dan menunggu diagnosis akhir, tambah Vizzotti.

Bakteri Legionella dapat ditularkan ketika orang menghirup tetesan kecil air atau secara tidak sengaja menelan air yang mengandung bakteri ke dalam paru-paru, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS.

Original Source

Topik Menarik