Membuka Diri dan Menjangkau Yang Bersembunyi

jawapos | Kesehatan | Published at Minggu, 10 Oktober 2021 - 16:43
Membuka Diri dan Menjangkau Yang Bersembunyi

KERAJAAN Inggris menginisiasi Heads Together pada 2017. Lembaga itu lahir setelah Pangeran Harry dan Pangeran William secara terbuka mengakui bahwa mereka tidak baik-baik saja sepeninggal Putri Diana dalam kecelakaan tragis pada 1997. Heads Together adalah tentang kesehatan mental.

Kepada majalah Hello , Harry mengatakan bahwa dirinya menjalani terapi kejiwaan pada usia 28 tahun. Padahal, dia merasa payah secara mental sejak berusia 12 tahun. Saya selalu merasa hancur tiap kali secara tiba-tiba semua duka, kebohongan, dan kesalahpahaman menyerbu saya dari berbagai penjuru, ujarnya dalam siniar Bryony Gordon.

Kematian sang ibu, pernikahan sang ayah dengan Camilla, dan aturan ketat Kerajaan Inggris membuat Harry tidak berkutik. Dia tidak mampu mengekspresikan emosinya secara bebas. Setelah selama 16 tahun bersembunyi, Harry akhirnya menjalani terapi atas desakan William. Begitu Anda mau membuka diri dan berbicara tentang kondisi Anda, Anda akan sadar bahwa Anda adalah bagian dari kelompok yang sangat besar, katanya.

Membuka diri, berbicara dengan terapis, dan menghadapi dunia dengan kondisi yang sebenar-benarnya membuat Harry berubah. Karena itulah Heads Together lahir. Lembaga yang didanai The Royal Foundation of The Duke and Duchess of Cambridge, yayasan yang dipimpin William dan Kate Middleton, itu mengkhususkan diri pada urusan kesehatan mental.

Melalui Heads Together, William menjangkau sekolah-sekolah dan perkantoran dengan berbagai program kesejahteraan mental. Khusus untuk sekolah, yayasan itu juga menyediakan kurikulum yang bisa diintegrasikan dengan pelajaran. Untuk masyarakat awam, Heads Together menyediakan hotline 24 jam nonstop bernama Shout.

Sementara itu, Harry dan Meghan Markle yang kini tidak lagi menjadi bagian keluarga Kerajaan Inggris melanjutkan kampanye kesehatan mental dari Amerika Serikat (AS). Melalui serial dokumenternya bersama Oprah Winfrey di Apple TV+, The Me You Cant See, Harry berbicara banyak tentang kondisi mentalnya dulu dan sekarang.

Meghan pun melakukan hal yang sama lewat berbagai media. Selalu ada jalan untuk menyelesaikan semua masalah, tandas Meghan.

Artikel Asli