Kenali 4 Gejala Stres Berikut Cara Mengatasinya

jawapos | Kesehatan | Published at Minggu, 10 Oktober 2021 - 12:16
Kenali 4 Gejala Stres Berikut Cara Mengatasinya

JawaPos.com Saat sedang menghadapi masalah, seseorang umumnya merasa tertekan. Dalam kondisi stres seperti itu, masing-masing orang punya cara untuk mengelola atau melakukan manajemen stres.

Psikiater, Kepala Instalasi Rehabilitasi Psikososial RS.Jiwa.dr.H.Marzoeki Mahdi Bogor, RS Siloam Bogor dr. Lahargo Kembaren, SpKJ mengatakan gejala negatif stres bisa menghinggapi seseorang. Kondisi itu tentunya kurang baik bagi kesehatan mental.

Ada yang tidak pas dengan keseimbangan mental kita dan perlu dilakukan intervensi agar bisa kembali normal. Manajemen stres adalah cara kita menghadapi dan mengelola stresor yang sedang kita hadapi, katanya kepada JawaPos.com baru-baru ini.

Apa saja gejalanya saat sedang stres?

1. Gejala kognitif

Menyangkut masalah memori, sulit berkonsentrasi, membuat keputusan yang buruk, hanya melihat dari sudut pandang yang negatif, rasa cemas terhadap berbagai hal yang terus menerus muncul.

2. Gejala fisik

Gatal atau nyeri di berbagai bagian tubuh, diare atau sulit buang air besar, mual dan pusing, nyeri dada dan jantung berdebar, hasrat seksual yang menurun, terasa dingin di ujung jari

3. Gejala emosi

Mood yang labil, mudah emosi/marah/tersinggung, gelisah, tidak bisa tenang, merasa sendirian dan terisolasi, depresi, sedih, perasaan tidak gembira

4. Gejala perilaku

Nafsu makan meningkat atau menurun, sulit tidur atau terlalu banyak tidur, tidak mau bersosialisasi atau bergaul, menunda-nunda pekerjaan dan tanggung jawab, menggunakan alkohol, merokok, narkoba untuk mencoba rileks, 0erilaku cemas menggigit kuku, mondar mandir, melirik kiri kanan.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Lakukan olah raga yang teratur 30 menit setiap hari. Lalu Makan makanan yang sehat dan bergizi, hindari makanan dengan banyak bumbu penyedap, pengawet dan pewarna yang berlebihan. Perbanyak makan sayur, buah dan ikan. Jauhi junk food. Usahakan selalu tidur yang cukup setiap harinya, 6-8 jam.

Lantas miliki sudut pandang yg positif terhadap berbagai hal. Lakukan diet media sosial, games dan internet. Miliki teman dan komunitas yang suportif. Beribadah dan berdoa akan membuat kita merasa tenang dan jauh dari stres.

Ada pula strategi 4A menghadapi stres, apa saja?

1. Avoid (hindari)

Apabila memungkinkan kita hindari sumber stresor yang menyebabkan kita stres.

2. Alter (Ubah)

Apabila kita tidak bisa menghindarinya maka kita bisa coba mengubahnya, coba libatkan orang lain dalam menghadapi stresor yang sedang kita hadapi, atur prioritas, delegasikan tugas

3. Adapt (beradaptasi)

Saat stresor tidak bisa dihindari dan dirubah maka kita bisa mengatur respon kita terhadap stresor tersebut ke arah yang lebih positif. Fokus pada hal-hal yang menggembirakan dan menyenangkan dari pekerjaan kita tersebut

4. Accept (terima)

Belajar untuk menerima suatu keadaan dalam hidup kita meski itu rasa menyakitkan dan menyedihkan, tetapi itulah bagian warna warni kehidupan kita. Pelajari hikmah yang kita dapatkan dari kejadian ini. Hidup tidak selalu menang, berhasil, bahagia tetapi kalah, gagal dan sedih adalah juga bagiannya.

Artikel Asli