Tegang dan Cemas Berlebih, Ini 3 Terapi Kesehatan Mental Agar Rileks

jawapos | Kesehatan | Published at Minggu, 10 Oktober 2021 - 11:17
Tegang dan Cemas Berlebih, Ini 3 Terapi Kesehatan Mental Agar Rileks

JawaPos.com Saat bekerja, segalanya menjadi dinamis dan serba cepat. Situasi itu bisa berdampak pada kualitas kesehatan dan kebugaran kita. Rapat yang tanpa henti dan waktu bekerja di depan layar selama berjam-jam dapat berdampak pada kesehatan fisik dan mental. Kualitas kesehatan yang menurun bisa tampak dari mata yang tegang, kelelahan mental, kecemasan berlebih, dan kelelahan fisik.

Dalam keterangan tertulis Global Wellness Institute oleh Marriott International Hotel menyarankan bahwa setidaknya ada enam dimensi kesehatan yang perlu diperhatikan yaini fisik, mental, emosional, spiritual, sosial, dan lingkungan. Saat kita pulih secara bertahap dari Covid-19, Anda dapat meluangkan waktu untuk mencoba terhubung kembali dengan alam.

Semakin banyak bukti yang menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di luar ruangan mampu mengurangi stres dan kecemasan, serta menurunkan tekanan darah dan detak jantung. Nutrisi dan diet, kebugaran dan olahraga, perawatan diri, dan spiritualitas semuanya berkontribusi dalam menjaga pikiran dan tubuh tetap sehat.

Jadi, baik itu trekking di lereng bukit hijau atau menikmati perawatan spa yang unik, yang menjadi pertanyaan adalah aktivitas terbaik mana yang ingin dipilih untuk membantu Anda re-set dan rileks seperti tidak pernah dirasakan sebelumnya. Bertepatan dengan World Mental Health Day, berikut adalah beberapa rekomendasi aktivitas agar kesehatan mental merasa rileks.

1. Pergi ke Pantai

Tenis adalah salah satu olahraga yang sangat diminati banyak orang. Manfaat dari segi kesehatan fisik sudah jelas, selain itu juga bermanfaat bagi kehidupan sosial dan mental. Dan saat Anda berada di tepi laut yang indah, berbagai manfaat lainnya akan terus berdatangan.

2. Spa

Pulihkan energi dengan spa hingga pemandian air panas yang spesial. Nikmati pijatan dengan berendam akan melembutkan kulit dan menjadikan tampak lebih muda. Semua ini akan benar-benar mengaktifkan kelima indera untuk meningkatkan semangat dan menginspirasi ketenangan.

3. Aktivitas Seru

Berlari santai di jalan setapak melalui lereng bukit hijau dan sawah yang indah hingga petualangan outdoor yang mudah diakses lainnya seperti bersepeda gunung, arung jeram, dan ekowisata juha bisa memperkuat kekuatan penyembuhan dari alam. Sehingga bisa merilekskan dan menyelaraskan tubuh kembali, memfokuskan pikiran, dan meningkatkan kekuatan sambil meningkatkan kemampuan teknik yoga.

Artikel Asli