Loading...
Loading…
90 Pasien Covid-19 Mengalami Penyakit Kelemahan Otot dan Kelumpuhan

90 Pasien Covid-19 Mengalami Penyakit Kelemahan Otot dan Kelumpuhan

Kesehatan | jawapos | Jumat, 24 September 2021 - 15:05

JawaPos.com Covid-19 merusak hampir seluruh sistem organ tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa infeksi Covid-19 dapat memicu kelumpuhan dan penyakit autoimun sindrom Guillain-Barr (GBS).

GBS adalah penyakit di mana sistem kekebalan tubuh menyerang saraf, sehingga mengakibatkan kelemahan otot. Sedikitnya ada lebih dari 90 kasus GBS telah dicatat di dunia karena infeksi Covid-19 sejak awal pandemi. Namun, tidak diketahui pasti apakah Covid-19 benar penyebabnya.

Dilansir dari Science Times , Jumat (24/9), Peneliti Bart C Jacobs dari Erasmus MC, University Medical Center Rotterdam, Belanda, mengatakan bahwa berdasarkan laporan Medscape, Covid-19 dapat memicu sindrom Guillain-Barr, meskipun kasusnya terbilang jarang.

Meski pasien Covid-19 belum pasti akan terserang GBS, akan tetapi para peneliti menyebutkan bahwa infeksi Covid-19 dapat memicu GBS pada orang-orang tertentu.

Kondisi pasien yang mengalami GBS umumnya berusia 50 tahun ke atas. Para peneliti mengevaluasi pasien dari 30 Januari hingga 30 Mei 2020, menggunakan koleksi internasional pasien sindrom Guillain-Barre yang dikenal sebagai International GBS Outcome Study (atau IGOS).

Penelitian ini merekrut 49 pasien baru sindrom Guillain-Barre dari Tiongkok, Denmark, Prancis, Yunani, Italia, Belanda, Spanyol, Swiss, dan Inggris. Para peneliti mengatakan 22 persen pasien sindrom Guillain-Barr yang termasuk dalam penelitian ini memiliki infeksi Covid-19 sebelumnya dalam empat bulan pertama pandemi. Studi tersebut menunjukkan bahwa 73 persen pasien Guillain-Barr dengan infeksi Covid-19 menunjukkan peradangan yang meningkat pada saat masuk ke rumah sakit.

Original Source