Singapura Beri Bantuan Alkes Penanganan Covid-19 di Indonesia

jawapos | Kesehatan | Published at 13/07/2021 14:10
Singapura Beri Bantuan Alkes Penanganan Covid-19 di Indonesia

JawaPos.com Pemerintah Singapura turut membantu memenuhi kebutuhan Indonesia dalam penanganan Covid-19. Mulai dari isotank, oksigen liquid, dan oksigen konsentrator yang dapat dipergunakan di RS.

Karena itu bentuknya portabel jadi bisa dipakai untuk RS-RS di daerah. Untuk yang 5 liter atau 10 liter bisa dipakai untuk 3 atau 6 pasien, terang Duta Besar Indonesia untuk Singapura Suryo Pratomo dalam keterangannya, Selasa (13/7).

Ia pun mengutarakan bahwa apa yang dilakukan Singapura melalui pemberian bantuan itu merupakan bagian dari wujud kolaborasi antar dua negara bersahabat. Selain juga karena upaya global untuk mengatasi pandemi Covid-19.

Menurutnya, pandemi tidak akan berakhir jika semua negara tidak bisa sama-sama bergandengan tangan dalam situasi Covid-19. Selama masih ada negara yang tersisa atau belum selesai, itu bisa menjadi sumber penularan bagi negara-negara lain.

Itu juga yang menjadi alasan dari kerja sama ini. Singapura sekali lagi hadir untuk memberikan bantuan dan melihat kasus-kasus yang terjadi di Indonesia. Mudah-mudahan dengan saling bekerja sama dan membantu, pandemi akan segera berakhir, ucap dia.

Adapun, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Masyarakat dan Kebudayaan (Menko PMK) pun menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan Singapura. Disebutkan, bantuan yang sudah datang dari negara tetangga itu ada 756 oksigen silinder, 600 oksigen konsentrator, 220 ventilator. Di samping juga Indonesia memesan 10 ribu unit oksigen penetrator dan sudah 30 unit yang datang.

Ini pasti karena kerja keras Duta Besar yang ada di Singapura dan Ibu Menteri Luar Negeri. Mudah-mudahan semuanya berjalan lancar dan yakinlah karena Indonesia ini negara baik suka menolong saat negara-negara tetangga membutuhkan, pastilah juga akan banyak yang menolong saat mendapatkan kesusahan, tandasnya.

Artikel Asli