Loading...
Loading…
Update Virus Korona Wuhan, 49 Spesimen di Indonesia Dinyatakan Negatif

Update Virus Korona Wuhan, 49 Spesimen di Indonesia Dinyatakan Negatif

Kesehatan | inewsid | Jumat, 07 Februari 2020 - 21:02

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Kesehatan RI terus meng-update kabar terbaru terkait penyebaran novel coronavirus (2019-nCoV) atau virus korona Wuhan. Di Indonesia sampai saat ini belum ditemukan orang atau pasien yang positif virus korona Wuhan tersebut.

Meski demikian, ada 50 spesimen yang diterima dan diteliti oleh pihak Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) terkait apakah ada yang positif nCoV atau tidak.

Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Survelians dan Karantina Kesehatan Kemenkes RI drg R Vensya Sitohang MEpid saat konferensi pers di Gedung Kementerian Kesehatan, Kuningan, Jakarta, Jumat (7/2/2020).

Sebanyak 50 spesimen sudah diperiksa, dan hasilnya 49 negatif, satunya sedang proses, kata Vensya Sitohang di acara konferensi pers di Gedung Kementerian Kesehatan, Kuningan, Jakarta, Jumat (7/2/2020).

Artinya, hingga saat ini belum ada kasus virus korona Wuhan atau nCoV di Indonesia. Indonesia sampai saat ini tidak ada kasus yang terkonfirmasi, katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya pada Kamis 6 Februari 2020, ada 47 spesimen yang diperiksa dengan hasil 43 negatif dan sisanya masih diperiksa di laboratorium. Hal tersebut dilaporkan Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Masyarakat Kementerian Kesehatan Anung Sugihantono.

Baca Juga :
Kemenkes Cek 38 Spesimen Virus Korona, Hasilnya Negatif

Ada 47 spesimen yang dikirim pada Balitbang dari 28 RS dan hasilnya 43 negatif dan empat dalam proses pemeriksaan, kata Anung melalui video call saat konferensi pers di Gedung Kementerian Kesehatan, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis 6 Februari 2020.

Artinya, hingga saat ini belum ada kasus virus korona Wuhan atau nCoV di Indonesia. Kami masih meyakini sampai saat ini belum ada orang yang terinfeksi novel coronavirus di Indonesia. Semua mempertanyakan, ada atau tidak, tapi ya dari prosedur, itulah yang kita lihat, kata Anung.

Original Source

Topik Menarik