Gunung Lewotobi Laki-laki Erupsi, Waspada Potensi Banjir Lahar Hujan!

Gunung Lewotobi Laki-laki Erupsi, Waspada Potensi Banjir Lahar Hujan!

Infografis | sindonews | Jum'at, 21 Juni 2024 - 06:24
share

Gunung Lewotobi Laki-laki mengalami erupsi sebanyak dua kali pada dini hari ini, Jumat (21/6/2024), 02.12 WITA. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan luncuran abu vulkanik setinggi 600 dan 700 meter di atas puncak.

Diketahui, Gunung Api Lewotobi Laki-laki terletak di Kab/Kota Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan posisi geografis di Latitude -8.5389LU, Longitude 122.7682BT dan memiliki ketinggian 1584 mdpl.

Terjadi erupsi G. Lewotobi Laki-laki pada hari Jumat, 21 Juni 2024, pukul 02:12 WITA dengan tinggi kolom abu teramati 700 m di atas puncak ( 2284 m di atas permukaan laut), ungkap Petugas Pos Pengamatan Gunung Api, Adzan Anugrah Indiarsyah dalam keterangannya.

Adzan melaporkan kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah barat daya dan barat. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 18.5 mm dan durasi 404 detik.

Adzan meminta masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi Laki-laki dan pengunjung/ wisatawan tidak melakukan aktivitas apapun dalam radius 3 KM dari pusat erupsi G. Lewotobi Laki-laki serta sektoral 4 km pada arah Utara-Timur Laut dan 5 KM pada sektor Timur Laut.

Masyarakat agar tenang dan mengikuti arahan Pemda serta tidak mempercayai isu-isu yang tidak jelas sumbernya, imbaunya.

Adzan meminta masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi Laki-Laki mewaspadai potensi banjir lahar hujan pada sungai-sungai yang berhulu di puncak Gunung Lewotobi Laki-Laki jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi.

Masyarakat yang terdampak hujan abu G. Lewotobi Laki-laki memakai masker atau penutup hidung-mulut untuk menghindari bahaya abu vulkanik pada sistem pernafasan, tutupnya.

Topik Menarik