Bank Sentral Inggris Beri Sinyal Pangkas Suku Bunga pada Agustus 2024

Bank Sentral Inggris Beri Sinyal Pangkas Suku Bunga pada Agustus 2024

Berita Utama | inews | Jum'at, 21 Juni 2024 - 20:28
share

LONDON, iNews.id - Bank sentral Inggris atau Bank of England (BoE) memberi sinyal akan memangkas suku bunga pada Agustus mendatang. Hal tersebut akan menjadi penurunan suku bunga pertama selama lebih dari empat tahun.

Mengutip BBC , BoE mempertahankan suku bunga pada level tertinggi dalam 16 tahun sebesar 5,25 persen pada hari Kamis.

Sementara, pada awal pekan ini data menunjukkan bahwa inflasi telah melambat menjadi 2 persen pada bulan Mei, sejalan dengan target bank sentral. Namun, harga beberapa barang naik lebih cepat dari perkiraan.

Namun, berdasarkan risalah dari komite penetapan suku bunga bank sentral mengisyaratkan adanya perubahan signifikan yang mengindikasikan mayoritas dapat memilih penurunan suku bunga ketika mereka menggelar pertemuan pada 1 Agustus 2024.

Atas dasar itu, komite akan terus mengkaji berapa lama suku bunga bank harus dipertahankan pada level saat ini, tulis risalah tersebut.

Meski kesepakatan belum tercapai, pernyataan ini merupakan sinyal yang jelas bagi pasar dan masyarakat bahwa setelah BoE merampungkan perkiraan barunya terhadap perekonomian, penurunan suku bunga kini menjadi hasil yang paling mungkin terjadi pada pertemuan berikutnya.

Jika bank sentral tetap melanjutkan penurunan suku bunga pada bulan Agustus, hal ini akan menjadi yang pertama sejak Maret 2020 ketika Inggris memasuki masa lockdown pertama akibat pandemi Covid-19.

Gubernur BoE Andrew Bailey menyampaikan bahwa pihaknya independen terhadap pemerintah dan peran utamanya adalah menjaga inflasi tetap stabil pada angka 2 persen.

Ini merupakan kabar baik bahwa inflasi telah kembali ke target kami sebesar 2 persen. Kami perlu memastikan bahwa inflasi akan tetap rendah dan itulah mengapa kami memutuskan untuk mempertahankan suku bunga di 5,25 persen," kata Bailey.

Sebagai respons terhadap inflasi yang tinggi, bank sentral telah menaikkan dan kemudian mempertahankan suku bunga pada tingkat yang tinggi dalam beberapa tahun terakhir.

Topik Menarik