Astra Financial Bukukan Laba Bersih Rp2,1 Triliun di Kuartal I 2024, Naik 12 Persen

Astra Financial Bukukan Laba Bersih Rp2,1 Triliun di Kuartal I 2024, Naik 12 Persen

Ekonomi | inews | Jum'at, 21 Juni 2024 - 19:17
share

JAKARTA, iNews.id - Unit bisnis Astra Group di sektor keuangan, Astra Financial membukukan laba bersih senilai Rp2,1 triliun pada kuartal I 2024. Raihan ini naik 12 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2023.

Executive in Charge Astra Financial, Rudy Chen menuturkan, dengan pertumbuhan laba bersih di paruh pertama tahun ini, Astra Financial mampu berkontribusi 26 persen atau seperempat dari total profit PT Astra International Tbk (ASII) di periode yang sama 2024.

Kalau kita bicara secara net income, sampai dengan QI 2024 kita mencapai Rp 2,1 triliun, itu tumbuh 12 persen dibandingkan tahun sebelumnya, itu kontribusi di Astra di QI 2024 itu sekitar 26 persen, ujar Rudy saat ditemui di Bandung, Jawa Barat, Jumat (21/6/2024).

Jadi bisa dibilang kita satu dari tujuh pilar Astra berkontribusi seperempat dari profitnya Astra, katanya.

Adapun, laba bersih emiten bersandi saham ASII menurun. Dalam laporan kinerja keuangan kuartal I 2024, Astra membukukan laba bersih Rp8,1 triliun atau 5 persen lebih rendah dari periode serupa tahun lalu.

Meski holding mencatatkan penurunan net income, Rudy memastikan bahwa kinerja keuangan Astra Financial masih tumbuh baik di awal 2024 ini. Bahkan, keuangan perusahaan tetap stabil di tengah adanya tantangan makro ekonomi nasional saat ini.

Dan itu kita lihat kita masih bertumbuh di tengah situasi yang kita lihat secara makro ekonomi juga challenging, harga batu bara kita tahu terkoreksi juga di level yang cukup tinggi, jadi kurang lebih itu untuk bicara top line-nya, tuturnya.

Sepanjang 2023, lini bisnis Astra Group di sektor keuangan ini juga mengantongi laba bersih Rp7,9 triliun. Angka tersebut melonjak 30 persen secara tahunan. Lini bisnis pembiayaan dan asuransi masih menjadi kontributor utama laba Astra Financial.

Sektor pembiayaan masih mendominasi dan menjadi kontributor terbesar terhadap total laba bersih Astra Financial.

Topik Menarik