Viral Logo NU Dipelestkan, Pemilik Akun X Dilaporkan ke Polrestabes Surabaya

Viral Logo NU Dipelestkan, Pemilik Akun X Dilaporkan ke Polrestabes Surabaya

Berita Utama | inews | Jum'at, 21 Juni 2024 - 16:03
share

SURABAYA, iNews.id - Pemilik akun X @pasifisstate dilaporkan warga Nahdlatul Ulama (NU) ke Polrestabes Surabaya. Laporan dilayangkan karena akun tersebut diduga melecehkan jamiyah NU dengan mengubah logo serta tulisan kebesaran NU. 

Dalam unggahan yang viral di media sosial, pemilik akun @pasifisstate mengedit dan mengubah tulisan di lambang tersebut menjadi 'Ulama Nambang'. Selain itu mengubah warna dasar logo NU yang sejatinya hijau menjadi merah. Di bagian bawah tulisan Arab NU juga diubah menjadi UN.

"Saya Merasa prihatin di media sosial twitter (X) itu ada logo NU yang dipelesetkan menjadi Ulama Nambang. Itu yang kami sangat prihatin,” ujar pelapor Ali Mahfud (50) saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (20/6/2024).

Dia mengaku baru mengetahui unggahan dari akun X tersebut pada Rabu (19/6/2024). Dia langsung kesal, apalagi di bagian bintang 9 dibubuhi tulisan Rp dan dolar Amerika Serikat.

"Terus nama Nahdlatul Ulama itu diganti dengan ulama nambang," katanya. 

Mantan Ketua PPP Surabaya itu merasa sedih karena logo NU yang dibuat KH Ridwan Abdullah melalui proses kreatif,  digabungkan dengan laku spiritual yakni Istikharah. Ali menyebut perbuatan akun X tersebut sangat melecehkan NU.

Karena itu dia berharap polisi menindaklanjuti laporan yang diajukannya ke Polrestabes Surabaya. Sebab, jika tidak ditindaklanjuti, dia khawatir ada preseden buruk yang terjadi dan hal serupa bakal terulang ke depan.

Terpisah, Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Polrestabes Surabaya AkP Haryoko mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi  dengan penyidik terkait untuk menindaklanjuti laporan dugaan pelecehan logo NU itu.

Topik Menarik