Geser Nvidia, Microsoft Kembali Jadi Perusahaan Paling Berharga di Dunia

Geser Nvidia, Microsoft Kembali Jadi Perusahaan Paling Berharga di Dunia

Ekonomi | inews | Jum'at, 21 Juni 2024 - 14:53
share

NEW YORK, iNews.id - Microsoft Corporation kembali menjadi perusahaan paling berharga di dunia. Perusahaan milik Bill Gates tersebut menggeser Nvidia yang harga sahamnya turun lebih dari 3,5 persen pada perdagangan Kamis.

Mengutip BBC , Raksasa chip kecerdasan buatan tersebut sempat menduduki posisi teratas perusahaan paling berharga di dunia pada hari Selasa dengan valuasi pasar saham menyentuh 3,34 triliun dolar AS.

Namun, saham Nvidia ambles menjadi 130,78 dolar AS pada hari Kamis dan menyebabkan nilai kapitalisasi pasar turun menjadi sekitar 3,22 triliun dolar AS. Sementara, kapitalisasi pasar Microsoft tetap stabil di lebih dari 3,3 triliun dolar AS.

Peningkatan saham Nvidia dipicu oleh dominasi perusahaan di bidang chip yang menggerakkan AI. Saham Nvidia melonjak berkat meningkatnya permintaan akan chip yang melatih dan menjalankan model AI generatif, seperti ChatGPT milik OpenAI.

Selain itu, Nvidia juga mendapatkan keuntungan signifikan dari aktivitas penambangan Bitcoin pada tahun 2020 lalu yang menyebabkan lonjakan penjualan kartu grafisnya.

Kenaikannya tercermin dari semakin berkembangnya profil orang nomor satu di perusahaan, Jensen Huang, yang menjadi terkenal berkat popularitasnya di negara asalnya Taiwan. Bahkan, para penggemar memperlakukannya seperti bintang rock.

Adapun, nilai kapitalisasi pasar Nvidia, Microsoft, dan Apple masing-masing lebih dari 3 triliun dolar AS. Ketiga perusahaan bersaing ketat untuk menjadi perusahaan paling berharga di dunia.

Meski Nvidia sempat mencapai posisi teratas dalam waktu singkat, sejumlah analis memperkirakan persaingan antara ketiga perusahaan teknologi tersebut akan tetap ketat.

Kami yakin pada tahun depan persaingan menuju kapitalisasi pasar teknologi senilai 4 triliun dolar AS akan menjadi yang terdepan antara Nvidia, Apple, dan Microsoft, tulis Wedbush Securities dalam sebuah catatan.

Topik Menarik