Gandeng 2 Perusahaan India, PPI Bakal Ekspor Getah Damar dan Rempah-rempah 

Gandeng 2 Perusahaan India, PPI Bakal Ekspor Getah Damar dan Rempah-rempah 

Ekonomi | inews | Kamis, 20 Juni 2024 - 15:35
share

JAKARTA, iNews.id - PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) menggandeng dua perusahaan India, Raaj Handicraft dan Barath Internasional untuk kerja sama perdagangan. Kolaborasi ini untuk memperkuat bisnis PPI di pasar global.

Direktur Utama PPI, S Hernowo menuturkan, kerja sama tersebut menjadi langkah awal perusahaan mengekspor komoditas getah damar dan rempah-rempah. Kemitraan ini diresmikan melalui penandatanganan MoU, Rabu, (19/06/2024).

Adapun, ketiga entitas akan menyusun kajian, skema, dan kerangka kerja sesuai kesepakatan, target dan kebutuhan pasar di masing-masing wilayah kerja.

"Penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan tersebut termasuk dalam rangkaian acara puncak HUT PPI ke-21, harapannya kegiatan seremonial ini menjadi sebuah momentum pertambahan usia perusahaan dalam penguatan peran PPI sebagai export gateway untuk produk-produk pangan," kata Hernowo dalam keterangannya, Kamis (20/6/2024).

Sepanjang 2023, PPI telah sudah mengekspor rumput laut ke Korea Selatan, China, dan Vietnam. Tak hanya itu, komoditas kopi pun dipasok ke Mesir.

Sebagai BUMN di bidang perdagangan domestik, internasional, pergudangan, dan logistik, lanjut dia, PPI berpartisipasi dalam pameran internasional dan mencatatkan kerja sama ekspor dan impor, hingga menjalin kerja sama bilateral dengan Tanzania.

Anggota Holding BUMN Pangan atau ID Food ini sudah menjalin kolaborasi dengan sejumlah negara selama kurun waktu 5 tahun terakhir. Pada Oktober 2023 lalu, perusahaan juga menjajaki peluang kerja sama dengan Kamboja.

Hernowo menyebut, hal ini menjadi pembuka gerbang kerja sama bisnis, memperluas jangkauan, mendorong pertumbuhan penjualan, dan meningkatkan eksistensi produk Indonesia di pasar Kamboja.

Di sisi lain, PPI baru saja meluncurkan new design website yang dapat diakses melalui www.ptppi.co.id . Peluncuran ini merupakan upaya inovatif perusahaan terhadap tampilan baru website dengan mengedepankan keterbukaan informasi, berorientasi pada pelanggan, dan dengan tambahan fitur katalog aset properti.

Selanjutnya, dilakukan perubahan nama gedung Graha PPI menjadi Grha PPI. Perubahan ini bertujuan untuk memberi makna dan menanamkan kesadaran bagi seluruh keluarga besar PPI bahwa Grha PPI adalah sebuah rumah bagi Insan PPI dalam memajukan bisnis perusahaan, serta meningkatkan citra positif perusahaan.

Topik Menarik