Sosok Azim Premji, Pengusaha Muslim yang Gemar Beramal

Sosok Azim Premji, Pengusaha Muslim yang Gemar Beramal

Ekonomi | inews | Senin, 17 Juni 2024 - 10:00
share

JAKARTA, iNews.id - Pengusaha muslim India, Azim Premji dikenal sebagai salah satu miliarder di dunia yang terkenal gemar beramal. Premji diketahui merupakan pemilik Wipro, perusahaan IT multinasional di negara asalnya.

Kekayaan bersih Premji diketahui mencapai 11,8 miliar dolar AS atau setara Rp194,54 triliun. Meski dia telah pensiun dari posisinya sebagai Ketua Wipro, Premji masih melanjutkan kebiasaannya untuk beramal. 

Pada tahun 2020, Premji telah menyumbangkan uang 10 kali lebih banyak dibanding orang terkaya di Asia, Mukesh Ambani. 

Dia juga mendirikan Yayasan Azim Premji pada 2001 untuk mengembangkan sistem pendidikan sekolah dasar pemerintahan di pedesaan. 

Premji telah menyumbangkan uang sebanyak 2 miliar dolar AS atau setara Rp32,97 triliun untuk Yayasan Azim Premji tersebut. Bahkan saat pandemi yayasannya berkomitmen memberikan 1.000 crores (Rp2 triliun) untuk mengatasi pandemi.

Selain itu, yayasan juga menjanjikan 100 crores melalui Wipro dan 25 crores dari Wipro Enterprises. Total keseluruhan donasinya sebanyak 1.125 crores atau sekitar Rp2,3 triliun.

Tak hanya beramal, melalui Wipro, Premji juga sering melakukan kegiatan corporate social responsibility (CSR) dan kegiatan filantropi.

Sebagai informasi, Premji memutuskan untuk berbisnis karena melanjutkan usaha keluarga yang ditinggalkan oleh sang ayah. Bisnis awalnya diketahui bernama Western Indian Vegetable Products Ltd, yang menghasilkan produk minyak goreng dan sabun.

Lalu, Premji mengembangkan bisnis sang ayah dengan memproduksi bola lampu, perawatan rambut, hingga perlengkapan mandi. Selanjutnya, pada 1977 dia mengganti nama perusahaan menjadi Western India Palm Refined Oils Limited atau dikenal Wipro.

Setelah komputer muncul pada 1980-an dan 1990-an, Premji mengalihkan fokus Wipro menjadi perusahaan yang memproduksi perangkat komputer.

Topik Menarik