Muhammadiyah Tarik Dana dari BSI, Pindahkan Rekening Gaji ke 2 Bank Ini

Muhammadiyah Tarik Dana dari BSI, Pindahkan Rekening Gaji ke 2 Bank Ini

Ekonomi | inews | Jum'at, 14 Juni 2024 - 10:18
share

JAKARTA, iNews.id - Organisasi masyarakat (ormas) agama Islam, Muhammadiyah telah mengalihkan dana dari PT Bank Syariah Indonesia (BSI) ke dua bank syariah lain. Dua bank tersebut di antaranya Bank Muamalat dan Bank Jateng Syariah.

Mengutip dari surat pemberitahuan yang beredar tertulis imbauan penggantian pemindahan rekening payroll gaji dan jasa pelayanan dari BSI. Hal tersebut berdasarkan memo Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 320/1.O/A/2024 tentang konsolidasi dana.

"Bersama ini kami imbau kepada pegawai yang terlampir dalam surat ini untuk memindahkan rekening payroll gaji dan jasa pelayanan dari Bank Syariah Indonesia (BSI) ke bank Muamalat dan Bank Jateng Syariah," tulis surat tersebut dikutip, Jumat (14/6/2024).

Tertulis juga dalam surat bahwa pengumpulan nomor rekening maksimal hari ini, Jumat (14/6/2024) ke bagian penggajian.

Sebelumnya, Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Bidang Ekonomi, Bisnis, dan Industri Halal Anwar Abbas menuturkan, pengalihan dana ini dilakukan agar meminimalkan persaingan antara bank-bank syariah lainnya. Pasalnya, selama ini pusat penyimpanan dana ormas tersebut terlalu terpusat di BSI.

Sementara, penyimpanan dana ormas tersebut di bank lain masih terbilang sedikit. Hal ini dinilai dapat menimbulkan risiko konsentrasi (concentration risk) dalam bisnis.

"Bila hal ini terus berlangsung, maka tentu persaingan di antara perbankan syariah yang ada tidak akan sehat dan itu tentu jelas tidak kita inginkan," ucap Anwar.

Dia menambahkan, Muhammadiyah tetap berkomitmen mendukung perbankan syariah di Indonesia, namun kondisi persaingan yang tidak sehat antar bank syariah perlu dihindari.

"Meski begitu, Muhammadiyah memiliki komitmen tinggi untuk mendukung perbankan syariah," tuturnya.

Topik Menarik