Aspal di Arafah Dilapisi Karet, Jemaah Haji Nyaman Wukuf di Tengah Suhu Panas 48 Derajat

Aspal di Arafah Dilapisi Karet, Jemaah Haji Nyaman Wukuf di Tengah Suhu Panas 48 Derajat

Berita Utama | inews | Jum'at, 14 Juni 2024 - 04:20
share

MEKKAH, iNews.id - Proses pelapisan aspal di kawasan Arafah menggunakan karet selesai dikerjakan. Aspal yang dicampur karet tersebut mampu meredam panas dan memberikan kenyamanan bagi jemaah haji saat berjalan kaki.

Tim iNews Media Group berkesempatan mengunjungi Arafah sebelum puncak haji 2024. Jemaah haji mulai bergeser ke Arafah mulai besok Jumat (14/6/2024).

Wakil Menteri Transportasi urusan Jalan dan Operasional Tariq Alshamy menjelaskan proyek aspal karet ini menelan biaya sebesar 2 juta Riyal.

Teknologi ini murni buatan Arab Saudi. Lewat penelitian selama 12 bulan, ditemukan formula penggunaan aspal sebesar 70 persen dan karet 30 persen, lalu campuran tersebut dituang ke atas aspal yang sudah ada, lalu dicat warna abu abu ini, ujar Tariq di Arafah, Kamis (13/6/2024).

Cat tersebut, Tariq menambahkan berfungsi untuk mengurangi terik matahari.

Saat Tim iNews Media Group berkunjung ke Arafah, suhu mencapai 44 derajat celsius. Namun, ada tempat kecil berukuran satu meter persegi suhunya lebih panas.

Kami sengaja tidak menutup bagian kecil ini agar bisa diketahui perbedaan suhunya, katanya.

Dia berharap aspal karet ini bisa digunakan di Muzdalifah dan Mina. Tahun ini lebih dari 1,5 juta jemaah haji akan wukuf di Arafah.

Kami menyadari bahwa kerasnya aspal membuat jemaah haji yang sudah berusia lanjut kesulitan, mereka akan sakit dan menimbulkan ketidaknyamanan dalam beribadah, ucapnya.

Penerapan teknologi ini akan membantu mengurangi tekanan pada pergelangan dan alas kali sehingga kebugaran jemaah haji tetap terjaga.

Sebelumnya Badan Meteorologi Arab Saudi memperkirakan saat wukuf cuaca akan mencapai hingga 48 derajat celsius dengan tingkat kelembaban 25 persen.

Ada potensi hujan ringan karena hujan lebat akan terjadi di daratan tinggi Taif, demikian keterangan Badan Meteorologi Arab Saudi.

Topik Menarik