Profil dan Biodata Fardy Bachdim yang Jadi Sosok Penting Proses Naturalisasi Timnas Indonesia 

Profil dan Biodata Fardy Bachdim yang Jadi Sosok Penting Proses Naturalisasi Timnas Indonesia 

Berita Utama | inews | Rabu, 24 April 2024 - 00:45
share

JAKARTA, iNews.id - Profil dan biodata Fardy Bachdim jadi perbincangan hangat di kalangan pencinta sepak bola Tanah Air. Timnas Indonesia sukses melaju ke babak perempat final Piala Asia U-23 2024. 

Skuad asuhan Shin Tae-yong keluar sebagai runner-up Grup A. Meski sempat kalah di laga perdana kontra Qatar (1-0), Marselino Ferdinan cs mampu memenangkan laga di laga berikutnya saat berjumpa Australia (0-1) dan Yordania (4-1). 

Kesuksesan Timnas Indonesia di beberapa ajang internasional tak lepas dari peran Fardy Bachdim. Kakak Irfan Bachdim itu jadi sosok penting yang meyakinkan Ivar Jenner, Shayne Pattynama, hingga Rafael Struick untuk bersedia gabung ke skuad Garuda. 

Lantas, seperti apa profil dan biodata Fardy Bachdim? Berikut iNews.id akan berikan informasinya dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (24/4/2024). 

Profil dan Biodata Fardy Bachdim

Nama Fardy Bachdim mungkin memang di dunia sepak bola Indonesia tak setenar sang adik, Irfan Bachdim. Sebab, suami Suus Bachdim Maares ini bergelut sebagai manajer pemain. 

Keluarga Bachdim dikenal sebagai keluarga yang mencintai dunia si kulit bundar. Bahkan, sang ayah, Noval Bachdim dulunya sempat membela klub PS Fajar Lawang (Anggota kompetisi internal Persekam Malang) di tahun 1980-an. 

Sementara itu, kakek Fardy dan Irfan Bachdim yakni Ali Bachdim tercatat pernah membela Persema Malang dan PSAD Jakarta. Sang kakek ternyata juga merupakan purnawirawan TNI Angkatan Laut. 

Perjalanan karier Fardy dimulai saat dirinya mempromosikan sang adik ke klub-klub Belanda. Pada akhirnya Irfan Bachdim diminati oleh salah satu klub yang cukup sukses di Negeri Kincir Angin, FC Utrecht. 

Fardy telah bergabung sejak 2004 ke salah satu perusahaan agen pemain di Belanda, Prime Sport Business. Pria tiga anak ini mengurusi berbagai negosiasi dan kontrak para pemain muda yang ingin dipromosikan ke klub-klub profesional. 

Salah satu pemain yang sempat dipromosikan Fardy melalui Prime Sport Busineess adalah Hidde ter Avest. Sebelum main di FC Utrecht, bek sayap satu ini sempat merumput di beberapa klub seperti FC Twente dan Udinese. 

Fardy Bachdim saat ini bekerja untuk agensi Prime11 dan telah bergabung sejak 2014 lalu. Dia punya banyak klien yang berkarier di Liga Belanda, Italia, Yunani, , Inggris, Belgia, Korea Selatan dan Indonesia.

Itulah ulasan mengenai profil dan biodata Fardy Bachdim. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik