KKB Serang Desa dan Bunuh Puluhan Warga saat Konvoi Pulang dari Pasar

inewsid | Global | Published at 17/03/2021 04:23
KKB Serang Desa dan Bunuh Puluhan Warga saat Konvoi Pulang dari Pasar

NIAMEY, iNews.id – Kelompok kriminal bersenjata (KKB) di barat daya Niger membunuh sedikitnya 58 warga, awal pekan ini. Korban jiwa berjatuhan tatkala gerombolan itu mencegat konvoi warga yang baru saja kembali dari pasar, serta menyerang desa terdekat di kawasan itu.

Serangan itu berlangsung di wilayah Tillabery, dekat perbatasan Niger dengan Mali dan Burkina Faso, Senin (15/3/2021). Penduduk setempat semakin dicengkeram rasa takut akibat serangan yang dilancarkan para milisi.

Para penyerang kali ini mencegat empat kendaraan yang mengangkut penumpang dari sebuah pasar yang digelar seminggu sekali ke Desa Chinagoder dan Darey Dey. 

“Orang-orang (para penyerang) ini kemudian dengan kejam dan tanpa ampun mengeksekusi para penumpang yang ditargetkan itu,” ungkap Pemerintah Niger dalam pernyataan resmi yang dikutip Reuters, Rabu (17/3/2021).

“Sementara di Desa Darey Dey, mereka membunuhi penduduk dan membakar lumbung,” kata pernyataan itu lagi.

Kekerasan menjadi bagian dari krisis keamanan yang melanda Wilayah Sahel Afrika Barat. Banyak dari serangan kelompok milisi terkonsentrasi di wilayah bertemunya perbatasan Niger, Mali, dan Burkina Faso. 

Zona tersebut saat ini menjadi sasaran paling berat bagi misi satuan tugas antimilitan Prancis yang berkekuatan 5.000 orang.

Aksi pembunuhan balas dendam antara kelompok etnik yang bersaing juga marak terjadi di Niger dan negara-negara tetangganya. Pembunuhan dengan motif semacam itu biasanya dipicu oleh kekerasan bernuansa militan serta persaingan untuk mendapatkan sumber daya alam yang langka.

Artikel Asli