"

Di Tiongkok, Mantan Istri Dibayar Rp 112 Juta untuk Pekerjaan Rumah

beritasatu | Global | Published at 24/02/2021 23:37
Di Tiongkok, Mantan Istri Dibayar Rp 112 Juta untuk Pekerjaan Rumah

Beijing, Beritasatu.com- Pengadilan Tiongkok memerintahkan seorang pria untuk membayar mantan istrinya atas pekerjaan rumah yang dilakukan. Pada Rabu (24/2), sang pria harus membayar mantan istrinya senilai hampir US$ 8.000 (Rp 112,6 juta).

Seperti dilaporkan AFP, mantan istri menerima kompensasi atas pekerjaan rumah tangga yang tidak dibayar selama bertahun-tahun. Hakim menjatuhkan vonis itu dalam kasus perceraian yang telah memicu perdebatan sengit di Tiongkok.

Di bawah hukum perdata baru, yang mulai berlaku tahun ini, pasangan yang bercerai memiliki hak untuk pertama kalinya untuk meminta kompensasi. Hal itu bisa dilakukan jika mereka memikul lebih banyak tanggung jawab di rumah.

Kepada pengadilan Beijing, mantan istri Wang mengatakan bahwa selama lima tahun pernikahan dia "menjaga anak dan mengatur pekerjaan rumah tangga. Sementara sang suami, Chen tidak peduli atau berpartisipasi dalam urusan rumah tangga lain selain pergi bekerja.

Baca Juga: 43 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Sinopharm Digunakan di Seluruh Dunia

Menurut pernyataan pengadilan 4 Februari, Wang mengajukan klaim untuk kompensasi tambahan untuk pekerjaan rumah tangga dan perawatan anak.

Pengadilan memutuskan bahwa Wang memang telah mengambil lebih banyak tanggung jawab rumah tangga. Dia harus menerima 50.000 yuan (US$ 7.700 atau Rp 108 juta) ditambah hak asuh anak tunggal dan tunjangan tambahan 2.000 yuan (Rp 4,37 juta) per bulan.

Awalnya, Wang meminta kompensasi senilai 160.000 yuan (Rp 350 juta). Tetapi setelah media lokal melaporkan minggu ini bahwa upaya Wang yang telah mengajukan banding atas putusan itu memicu perdebatan daring mengenai nilai pekerja rumah tangga perempuan yang tidak dibayar.

Artikel Asli