"

Raja Malaysia Izinkan Parlemen Bersidang Saat Kondisi Darurat

beritasatu | Global | Published at 24/02/2021 23:23
Raja Malaysia Izinkan Parlemen Bersidang Saat Kondisi Darurat

Kuala Lumpur, Beritasatu.com- Raja Malaysia Al-Sultan Abdullah mengizinkan parlemen dapat bersidang selama keadaan darurat. Seperti dilaporkan Reuters, Rabu (24/2), keputusan raja menjadi satu langkah yang dapat membuka pintu bagi oposisi untuk meluncurkan mosi tak percaya baru untuk menantang Perdana Menteri Muhyiddin Yassin.

Bulan lalu, raja mengumumkan keadaan darurat nasional yang dapat berlangsung hingga 1 Agustus. Pengumuman berlangsung saat Malaysia berjuang untuk mengendalikan lonjakan kasus virus corona setelah berhasil menahan laju kasus infeksi hampir sepanjang tahun lalu.

Tetapi oposisi menuduh Muhyiddin menggunakan keadaan darurat untuk mempertahankan pembatasan selama perebutan kekuasaan. Hal itu muncul setelah tampaknya Muhyiddin kehilangan dukungan mayoritasnya.

Baca Juga: PM Malaysia Disuntik Vaksin Covid-19 Pfizer

Dalam satu pernyataan, istana nasional menyatakan bahwa raja berpandangan bahwa parlemen dapat bersidang pada tanggal yang dia anggap cocok dan dengan mempertimbangkan nasihat perdana menteri.

Peraturan darurat, yang menggantikan hukum reguler ketika berlaku, mengharuskan parlemen untuk bersidang, diprakarsai atau dibubarkan pada tanggal yang diputuskan oleh raja dan atas saran perdana menteri, kata istana.

"Oleh karena itu, pandangan pihak-pihak tertentu bahwa proklamasi darurat menghentikan pertemuan parlemen tidak akurat," bunyi pernyataan itu.

Jika parlemen diizinkan untuk bersidang, oposisi dapat mencari mosi tak percaya lain. Akhirnya jika Muhyiddin kalah, dia harus mengundurkan diri atau meminta persetujuan raja untuk membubarkan parlemen, dan membuka jalan bagi pemilihan umum.

Artikel Asli