Loading...
Loading…
Pusat Vaksinasi Changi Mampu Suntik 4.000 Orang Per Hari

Pusat Vaksinasi Changi Mampu Suntik 4.000 Orang Per Hari

Global | koran-jakarta.com | Rabu, 20 Januari 2021 - 06:00

SINGAPURA Pusat vaksinasi di Terminal 4 Bandara Internasional Changi, Singapura, yang baru-baru ini didirikan oleh Raffles Medical Group, sanggup melakukan penyuntikan vaksin Covid-19 terhadap 4.000 orang per hari. Hal ini dilaporkan laman berita Strait Times edisi Selasa (19/1).

Pusat vaksinasi telah beroperasi setelah selama 5 hari didirikan. Pekan lalu dalam uji coba operasionalnya, pusat vaksinasi ini telah menyuntik vaksin Covid-19 terhadap lebih dari 1.000 staf bandara, tulis Strait Times .

Dalam pembukaan pusat vaksinasi di Terminal 4 Bandara Internasional Changi pada Senin (18/1) telah dilakukan penyuntikan vaksin skala besar terhadap kru udara dan pekerja di garis depan dan sepanjang pekan ini pusat vaksinasi itu telah menyuntikkan vaksin terhadap 7.000 orang.

Cakupan kapasitas layanan di pusat vaksinasi ini masih bisa ditingkatkan, ucap dokter yang mengetuai pusat vaksinasi itu, Dr Tan Joo Peng, 38 tahun. "Operasional pusat vaksinasi ini bisa terjadi berkat upaya gabungan antara kami dan mitra Changi Airport Group sehingga bisa berjalan dalam waktu yang cukup singkat," imbuh Dr Tan.

Ditambahkan Dr Tan bahwa pusat vaksinasi di Changi ini memiliki 27 stasiun vaksinasi yang masing-masing stasiun bisa melayani 12 pasien per jam dan memiliki waktu operasional selama 14 jam per hari.

"(Kami memiliki) kemampuan untuk meningkatkan kapasitas ini lebih jauh jika negara membutuhkannya," ungkap Dr Tan.

Jeda Waktu

Dalam pemaparannya, Dr Tan menjelaskan bahwa setelah seseorang divaksinasi di pusat vaksinasi ini, diperlukan jeda waktu kurang satu jam untuk observasi untuk meyakinkan taka ada efek samping dari penyuntikan vaksin Covid-19.

Pusat vaksinasi Changi juga telah dilengkapi dengan sebuah lemari pendingin medis yang sanggup menampung lebih dari 10 ribu dosis vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh Pfizer-BioNTech.

Penyimpanan vaksin secara layak merupakan hal yang kritis. Kami tak ingin vaksin terbuang percuma, ucap Dr Tan.

Selain petugas medis, setiap stasiun vaksinasi harus dijaga seorang penyelia/koordinator lapangan yang bertanggung jawab untuk memastikan kelancaran antrean dan memastikan ketersediaan vaksin karena butuh waktu 30 menit untuk mempersiapkan vaksin untuk mencapai suhu ruangan.

Menurut Dr Tan, saat ini di pusat vaksinasi Bandara Changi telah memiliki 70 dokter, perawat dan petugas pendamping kesehatan yang setiap waktu siap dan siaga melayani pasien bahkan jika terjadi situasi darurat.

Untungnya hingga sejauh ini belum ada laporan terjadi situasi darurat akibat dari efek samping vaksin. Keluhan yang lazim terdengar yaitu gatal di area penyuntikan dan gejala pusing ringan, ucap Dr Tan.

Bagi siapapun yang mengalami efek samping ringan, dibolehkan meninggalkan pusat vaksinasi karena telah dinyatakan aman. Namun bagi yang mengalami efek samping amat parah, tak ada yang diperbolehkan meninggalkan pusat vaksinasi kami, pungkas Dr Tan. ST/I-1

Original Source

Topik Menarik

{