Loading...
Loading…
Merkel Sebut Kesepakatan Pasca-Brexit UE-Inggris "Miliki Lepentingan Historis"

Merkel Sebut Kesepakatan Pasca-Brexit UE-Inggris "Miliki Lepentingan Historis"

Global | koran-jakarta.com | Sabtu, 26 Desember 2020 - 09:00

BERLIN-- Kanselir Jerman Angela Merkel pada Kamis (24/12) mengatakan kesepakatan yang dicapai antara Uni Eropa (UE) dan Inggris "memiliki kepentingan historis", menambahkan bahwa Jerman akan mempelajarinya untuk memutuskan apakah Berlin mendukung hasil tersebut.

"Saya senang para negosiator Uni Eropa dan Inggris telah mencapai kesepakatan dan hubungan masa depan antara Uni Eropa dan Inggris diatur dengan jelas," kata Merkel dalam pernyataannya.

"Dengan perjanjian ini, kami menciptakan dasar bagi babak baru dalam hubungan kami. Bagi Jerman dan Uni Eropa, Inggris akan terus menjadi mitra penting di luar UE," menurut pernyataan itu.

Merkel menambahkan pemerintah federal Jerman saat ini akan secara intensif mengkaji teks perjanjian tersebut, sehingga dapat menilai dengan cepat apakah Jerman dapat mendukung hasil negosiasinya. Perjanjian itu belum bisa langsung diberlakukan sebelum Parlemen Eropa memberikan persetujuan.

"Saya sangat yakin bahwa kita mendapatkan hasil yang bagus di sini," tutur Merkel.

"Kami akhirnya melihat \'asap putih mengepul\' dari perundingan, tetapi kesepakatan itu belum selesai," kata Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas dalam pernyataan lain.

Maas menambahkan bahwa kesepakatan tersebut harus disetujui oleh seluruh 27 negara anggota UE dan kemudian Parlemen Eropa sebelum diberlakukan.

"Sebagai (pemegang) Presidensi Dewan, kami ingin melakukan segala yang kami bisa guna memastikan kesepakatan itu dapat diberlakukan sementara waktu pada 1 Januari 2021," papar Maas.

"Saya yakin kesepakatan itu akan berhasil", imbuhnya.Ant/P-4

Original Source

Topik Menarik