Inggris Kembali Amankan Dua Juta Dosis Vaksin Covid-19 dari Moderna

sindonews | Global | Published at 29/11/2020 16:07
Inggris Kembali Amankan Dua Juta Dosis Vaksin Covid-19 dari Moderna

LONDON - Inggris kembali mengamankan dua juta dosis vaksin Covid-19 buatan Moderna, yang akan tersedia di Eropa pada awal musim semi mendatang. Pekan lalu, Inggris juga telah mengamankan lima juta dosis vaksin Covid-19 dari perusahaan farmasi Amerika Serikat (AS) tersebut.

Kesepakatan baru itu datang sehari setelah Boris Johnson menunjuk Nadhim Zahawi, seorang Menteri Bisnis Junior, untuk menjadi menteri yang bertanggung jawab atas vaksin Covid-19.

Menteri Kesehatan Inggris, Matt Hancock menuturkan, London saat ini memiliki akses ke vaksin Moderna dengan dosis yang cukup untuk sekitar 3,5 juta orang. Secara keseluruhan, Inggris memiliki akses ke 357 juta dosis vaksin dari tujuh pengembang. (Baca juga: Pakai Teknologi Canggih, Vaksin Moderna Dirancang Hanya 2 Hari)

"Dengan berbagai kandidat vaksin dalam portofolio kami, kami siap untuk menyebarkan vaksin jika mereka mendapat persetujuan dari regulator obat kami, dimulai dengan mereka yang paling diuntungkan," ucapnya, seperti dilansir Reuters pada Minggu (29/11/2020).

Pengiriman vaksin tersebut ke Inggris dapat dimulai paling cepat pada musim semi mendatang, jika vaksin tersebut memenuhi standar Badan Pengatur Produk Obat dan Kesehatan Inggris. (Baca juga: Terungkap! Alasan Pemerintah Pilih Vaksin China Ketimbang Pfizer dan Moderna)

Inggris juga telah memesan 40 juta dosis vaksin yang dikembangkan oleh BioNTech SE asal Jerman dan Pfizer Inc dari AS, yang terbukti 95% efektif dalam mencegah penyebaran virus Corona.

Selain itu, Inggris juga telah mendapatkan 100 juta dosis vaksin yang dikembangkan oleh AstraZeneca PLC dan Universitas Oxford, dan menargetkan untuk meluncurkan vaksin itu sebelum Natal.

Artikel Asli