Hilang Hampir Sebulan, Kim Jong Un Muncul Pimpin Rapat Darurat Covid-19

Global | inewsid | Published at Senin, 16 November 2020 - 06:29
Hilang Hampir Sebulan, Kim Jong Un Muncul Pimpin Rapat Darurat Covid-19

SEOUL, iNews.id - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un muncul setelah hampir sebulan tak ada kabar. Dia memerintahkan pengetatan sistem darurat untuk mencegah Covid-19.

Menurut kantor berita KCNA, Senin (16/11/2020), seperti dilaporkan kembali Reuters, perintah itu disampaikan saat Kim memimpin rapat politbiro Partai Pekerja.

Pertemuan itu dilakukan di tengah ketidakpastian pandemi Covid-19 global yang menekan perekonomian Korut. Padahal sebelum wabah menyebar, Korut sudah terpukul secara ekonomi akibat sanksi internasional.

Dalam penampilan publik pertamanya sejak 27 hari, Kim menekankan perlunya mewaspadai wabah sambil mengintensifkan upaya anti-epidemi.

Menurut laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pada awal November Korut melakukan tes Covid-19 terhadap lebih dari 12.000 orang dan tidak ada yang terkonfirmasi positif.

Pada Oktober, Korut memasukkan 6.173 orang, delapan di antaranya warga asing, sebagai suspect Covid-19, sebanyak 174 di antarnya dikarantina.

Di bulan yang sama Kim mengklaim tak ada seorang pun yang tertular Covid-19 di negaranya. Dia bersyukur tidak ada seorang pun warga yang tertular virus corona, meski bertetangga dengan China, pusat wabah.

Korut menutup perbatasan sejak Januari untuk melindungi warganya. Sejak itu Korut mengklaim tidak ada kasus infeksi virus corona dan menolak bantuan asing.

Artikel Asli