PM Inggris Boris Johnson Isolasi Mandiri Setelah Kontak dengan Orang Positif Covid-19

Global | inewsid | Published at Senin, 16 November 2020 - 05:13
PM Inggris Boris Johnson Isolasi Mandiri Setelah Kontak dengan Orang Positif Covid-19

LONDON, iNews.id - Perdana Menteri Inggris Boris Johnson melakukan isolasi mandiri, Minggu (15/11/2020), setelah menjalin kontak dengan orang yang kemudian dinyatakan positif Covid-19.

Juru bicara kantor perdana menteri Downing Street menyatakan Johnson tetap akan menjalankan tugas selama masa karantina.

"Dia akan bekerja dari Downing Street, termasuk memimpin respons pemerintah terhadap pandemi virus corona," kata juru bicara, dikutip dari AFP, Senin (16/11/2020).

Dia menambahkan kondisi Johnson sehat dan tidak mengalami gejala apa pun. Johnson disarankan menjalani isolasi mandiri atas saran dari otoritas terkait.

Pada Kamis lalu, dia bertemu beberapa anggota parlemen di Downing Street, termasuk orang yang kemudian dinyatakan positif Covid-19.

Johnson merupakan salah satu pemimpin dunia pertama yang terpapar virus corona yakni pada April. Bahkan kondisinya saat itu terbilang parah. Dia harus menjalani perawatan di rumah sakit selama 7 hari, 3 hari di antaranya dia habiskan di ruang ICU karena mengalami gangguan pernapasan.

Pada kesempatan itu dia memuji tim medis RS St Thomas, tempat dia dirawat, yang telah menanganinya dengan baik. Pria 56 tahun itu menggambarkan kondisinya sangat buruk.

"Saya tidak cukup berterima kasih kepada mereka. Saya berutang nyawa kepada mereka," katanya.

Inggris mengalami lonjakan kasus Covid-19 gelombang kedua beberapa pekan terakhir, memaksa Johnson menerapkan kembali lockdown nasional sejak awal November. Padahal sebulan sebelumnya dia menegaskan tak perlu memberlakukan lockdown, namun tak punya pilihan.

Negara dengan kasus kematian akibat Covid-19 tertinggi di Eropa itu bergulat dengan gelombang baru wabah virus corona dengan mencatat lebih dari 20.000 kasus baru setiap hari memasuki gelombang kedua wabah.

Artikel Asli