Menteri Kesehatan Ukraina Positif Covid-19

Global | republika | Published at Senin, 16 November 2020 - 02:50
Menteri Kesehatan Ukraina Positif Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV -- Menteri Kesehatan Ukraina Maxym Stepanov dinyatakan positif Covid-19 pada Sabtu (14/11). Sebelumnya Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky turut mengidap penyakit tersebut.

"Terlepas dari kehati-hatian dan kepatuhan terhadap semua aturan keselamatan hari ini, saya mendapat tes positif untuk Covid-19," kata Stepanov di halaman Facebook miliknya.

Stepanov tidak mengungkapkan apakah dia melakukan karantina mandiri atau menjalani perawatan di rumah sakit. Dia hanya mendesak warga Ukraina untuk mematuhi peraturan pembatasan sosial dan tidak mengunjungi tempat-tempat keramaian.

Pada Senin (9/11) lalu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dinyatakan positif Covid-19. Awalnya, dia memutuskan menjalani karantina di rumah. Namun pada Kamis (12/11) lalu, Zelensky dilaporkan telah dibawa ke rumah sakit.

"Pertama dia (Zelenskiy) pulang, tapi memutuskan untuk pindah ke (rumah sakit) Feofania. Untuk mengisolasi secara akurat dan tidak mengekspose siapa pun," kata juru bicara kepresidenan kepada Reuters.

Menurut dia, kondisi Zelenskiy cukup stabil. "Tidak ada yang serius," ujarnya mengacu pada kesehatan Zelenskiy.

Hingga Sabtu, Ukraina telah melaporkan 525.176 kasus Covid-19. Virus korona telah membuat 9.508 warga di negara tersebut meninggal.

Artikel Asli